jump to navigation

SEMINAR HASIL PROTOTIP 1 September 2009

Posted by SIMKES UGM 2007 in Kegiatan SIMKES 07.
Tags: , ,
trackback

Salah satu topik penelitian mahasiswa SIMKES UGM 2007 adalah tentang pembangunan ataupun pengembangan software aplikasi sistem informasi dengan metode prototipe. Ada 5 orang mahasiswa yang memilih topik ini, dan beberapa diantaranya telah melaksanakan seminar hasil penelitian, yaitu :

1. ZULFIAN, SKM.

Judul Penelitian : “Strategi Penerapan Reminder Berbasis SMS Gateway dalam Upaya Mencegah Drop Out Tuberculosis (DO-TBC) di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP-4) Banda Aceh Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam”.

Tesis yang dibimbing oleh Bapak Dr. Ir. Eko Nugroho, MSi dan Anis Fuad, DEA ini, diseminarkan hasil penelitiannya pada tanggal 4 Juli 2009 (catt: Si Boom sudah menjalani pendadaran, sekarang kayaknya lagi khusu’ menjalankan ibadah puasa di tanah kelahirannya Aceh). Maaf nda bisa banyak kasih komentar tentang seminarnya bos dari Aceh ini, berhubung tidak ikut waktu itu, hehehe…tapi yang pasti beliau udah diberikan gelar MPH, tinggal tunggu wisuda oktober mendatang…selamat bro.

2. RUSTAM IWANDI, SKM

Judul Penelitian : “Pengembangan Sistem Informasi Survelans Malaria (SIS-Malaria) di Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Timur”

Disain Tampilan Prototip SIS-Malaria

Disain Tampilan Prototip SIS-Malaria

Seminar dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2009, sehari menjelang memasuki Bulan Ramadhan. Setelah mempresentasikan hasil penelitian, kesempatan pertama untuk bertanya diberikan kepada Ibu Dr. Sri Kusuma Dewi, S.Kom MT, oleh Ibu Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, Ph.D, selaku KDP.

Hal yang disoroti Bu Cicie (panggilan akrab beliau) adalah mengenai tatacara penulisan model ERD dan pembahasan dari sisi “content” aplikasi SIS-Malaria tsb, jika dibandingkan dengan penelitian oleh orang lain sebelumnya. Selanjutnya, beliau juga menyarankan agar pada analisis dapat ditambahkan fitur grafik time series jumlah kasus malaria untuk beberapa tahun per puskesmas.

Penguji berikutnya, Prof. Sugeng Juwono Mardihusodo yang juga selaku pembimbing II, lebih menyoroti tentang kriteria subjek penelitian yang berperan sebagai informan dan juga dikaitkan sebagai pengguna (user) dalam penelitian tersebut. Prof. Hari Kusnanto selaku pembimbing I, banyak memberikan masukan yang terkait dengan pengembangan sistem dan implikasinya di lapangan terhadap strategi perencanaan program pemberantasan malaria oleh dinas kesehatan. Penguji yang terakhir yaitu Bu Yayi, lebih banyak mengoreksi tentang tatacara penulisan tesis dan naskah publikasi yang ditulis oleh mahasiswa dari Tanjung Selor Kaltim ini. Selanjutnya beliau juga menyarankan agar referensi jurnal supaya ditambahkan, minimal 2-3 jurnal penelitian lagi (kalau minat promkes katanya biasanya minimal 10 judul…hehehe…iya bu…).

3. EKA SURYANI, S.Kom

Judul Penelitian : “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan dengan Allerting System pada Prototip SIMKA di Dinkes Provinsi Riau”.

Seminarnya mba Eka dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2009, yang bertepatan dengan hari ke-10 Bulan Ramadhan. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, mba yang satu ini tetap semangat dan cool dalam menyajikan hasil penelitiannya (padahal sehari sebelumnya katanya stress berat karena laptopnya mengalami trouble sedangkan slide power point belum kelar dibikin seluruhnya….hehehe sabar mba…orang sabar disayang pacar…)

Seminar dipimpin oleh Prof. Soebijanto selaku KDP, Ibu Sri Kusumadewi sebagai dosen penguji dengan pembimbing tesis Bapak Anis Fuad, DEA dan dr. Andreasta M. DiplPH., M.Kes.,MAS.

Setelah menyajikan hasil penelitianya ± 30 menit (agak lama ya bu?…), dosen penguji Ibu Cicie, memberikan komentar seputar judul penelitian. Menurut beliau pribadi, katanya aplikasi ini belum tepat jika disebut sebagai SPK, karena belum terlihat dimana letak SPK dari prototip yang dibangun tersebut, sehingga disarankan agar cukup disebut sebagai Aplikasi Berbasis SMS atau bisa juga sebagai Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Masukkan lain dari Bu Cici adalah mengenai keaslian penelitian, mba Eka diminta agar lebih focus pada penelitian sebelumnya yang menerapkan SMS Gateway, agar bisa dikemukakan beberapa perbedaan dan kelebihan dari penelitian ini.

Selanjutnya Pak Andre lebih menyoroti isi pembahasan, beliau meminta agar pembahasan tentang ujicoba prototip SIMKA supaya ditambah dan dipertajam serta memasukkan kendala-kendala yang dihadapi selama proses tersebut berlangsung. Selain itu beliau juga menyinggung sinkronisasi & harmonisasi isi tesis, perbaikan selanjutnya agar diselaraskan isi dari tujuan penelitian dengan pertanyaan dan kesimpulan akhir dari penelitian tersebut. Kesempatan selanjutnya, Pak Anis menanyakan tentang siapa user dari aplikasi SIMKA tersebut dan menanyakan kenapa sistem harus dibangun dalam bentuk web based. Selain itu beliau juga meminta agar isi pembahasan supaya lebih dikaji lagi.

Penguji terakhir, Prof. Soebijanto selaku KDP lebih memfokuskan pada tatacara penulisan terkait dengan singkatan ataupun konsistensi istilah yang dipergunakan, apakah DSS atau SPK? Masukkan beliau lainnya adalah tentang daftar pustaka, mba Eka diminta lebih teliti lagi, karena beliau menemukan adanya referensi pada teks naskah tesis, sedangkan pada Daftar Pustaka kok nda ada? (piye mba?….hehehe…lupa ya..).

Terlepas dari semua tersebut, seminar berjalan dengan sukses + perbaikan aja…dan akan maju pendadaran setelah lebaran Idul Fitri,… selamat ya…

Selanjutnya kita tunggu 2 warga SIMKES ‘07 lainnya yang sedang melakukan penelitian dengan topik prototipe. Kita doakan bersama agar bisa maju seminar hasil dalam waktu yang tidak lama lagi…(sabar bro, kalau bikin software memang perlu waktu yang ekstra…Ok, keep working and good luck….).

Komentar»

1. MUSLIM - 4 September 2009

alhamdulillah…akhirnya teman2 simkes 2007 secara perlahan2 dpt menyelesaikan tesis. mudah2an apa yang dilakukan dapat diikuti oleh teman2 yang lain juga………….amin

mohon maaf lahir dan bathin….

2. ilo - 10 September 2009

Wah selamat ya sahabat.. kalian semua telah menyelesaikan tahapan kritis dari proses pendidikan di SIMKES. Selangkah lagi mudah2an langsung menggondol MPH.. Yang dari Yogya mannnaaaa…. Mas Yudi, Mas Widi n Prety koq nggak ada kabarnya seeeeehhhh…

3. Ikhsan - 20 September 2009

tanya bu/pak. Kalo bentuk penelitian prototip ini, apakah si peneliti membuat sendiri aplikasi sistem informasi kemudian diujicobakan ? kalo begitu, mantap sekali yah lulusannya mampu membuat sistem informasi dan diujikan.

Rustami - 21 September 2009

@Ikhsan :
Di sini peneliti hanya merancang aplikasi tersebut berdasarkan kebutuhan user, untuk menuangkan ke dalam bahasa pemprograman (scrifting, coding), dibantu oleh seorang programmer. Kemudian software diujicobakan di instansi masing-masing tempat penelitian.

4. septy - 4 Maret 2010

semoga aku juga bisa gabung di simkes ugm…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: