jump to navigation

Eksplorasi Google Earth dengan GE Graph 9 April 2009

Posted by SIMKES UGM 2007 in Uncategorized.
trackback

lombok tengah

Salam Simkes 07

Saya yakin temen-temen di simkes tidak asing dengan aplikasi gratisan yang disediakan oleh mesin google ini.  Google Earth memiliki  menu-menu menarik yang selalu diupdate sehingga selalu ada saja hal baru dan pengalaman baru yang didapatkan jika kita mengekplorasinya.  satu dari begitu banyak kemampuan google earth yang akan saya bahas pada tulisan ini adalah menambahkan tampilan grafik 3D pada aplikasi google earth temen-temen. untuk dapat melakukannya, kita harus menginstall aplikasi Ge Graph terlebih dahulu. aplikasi ini dapat temen-temen download secara gratis di http://www.sgrillo.net/googleearth/ . Aplikasi ini dapat bekerja pada google earth 5 ( bagi yang belum mengupgrade GE nya, silahkan di upgrade mumpung gratis dan tentunya menunya pun semakin lengkap).

interface ge graph

Gambar diatas adalah interface dari GE Graph. Untuk mengoperasikan aplikasi tersebut sangatlah mudah,  temen-temen hanya mengisikan data pada interface tersebut, bisa secara manual ataupun dengan mengcopy dari  excel. data yang dimasukkan ke kolom entry adalah titik Latitude, titik Longitude, place/WP name dan Valuenya. namun jika teman-temen mengcopy dari excel, urutan kolomnya adalah  place/wp name, latitude, longitude dan value. yang di copy adalah contentnya saja artinya judul kolom tidak di copy. kemudian tekan tombol paste grid from clipboard yang ada di pojok kanan bawah interface. Setelah data muncul selanjutnya mengatur tampilan grafik yang akan kita munculkan di google earth seperti pada tanda yang telah saya lingkari. untuk pengaturannya tergantung seleranya temen-temen khan?.

Jika telah selesai maka langkah selanjutnya mengklik menu run. pada menu tersebut data yang telah kita input akan dijadikan *.kml, isikan nama file dan klik ok . Secara otomatis data yang kita input akan menjadi grafik pada google earth sesuai dengan lokasi koordinat yang kita entry. Selamat mencoba.

Komentar»

1. alhiko - 13 April 2009

Thanks infonya, Yg upload siapa nih? Adi/Johan/Ilo? Mestinya tiap kita yg punya klebihan dlm bidang IT terkait simkes tertentu, baiknya mengupload info tsb ke blog kita ini. Biar infonya byk manfaat juga utk pengunjung situs yg lain (non mhs simkes).
Kalo ngandalin si Bos, sdh tamat! Si Sekrts sdh mo tamat! Jadi tiap awak simkes hrs di krmi email pemberitahuan lagi ttg user name & pasword admin blog ini. Kapan2 punya artikel menarik biar bisa diupload sendiri.
Ok, ditunggu partisipasi artikel menarik lainnya..

2. muslim - 13 April 2009

SETUJU ATAS SARAN ALHIKO….

UNTUK USER NAME DAN PASSWORD, SEBAIKNYA DI KIRIMIN LEWAT SMS ATAU CARA LAIN YANG MENJAMIN SECURITY BLOG INI …. UNTUK ITU MOHON BANTUAN KEPADA PAK ILO APABILA INGIN MELAKUKAN UPLOAD TULISAN ATAU APA SAJA YANG DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT KEPADA PEMBACA LEWAT BLOG INI.

UNTUK USER DAN PASSWORD HUBUNGAN PAK ILO…..

JADI WALAUPUN UDAH PADA TAMAT, BISA DIISI (UPLOAD) SENDIRI BAIK YANG MASIH BERSTATUS MAHASISWA MAUPUN ALUMNI SIMKES 2007 KARENA INFO TENTANG SIMKES BUKAN HANYA AKAN DIDAPATKAN DI BANGKU KULIAH TAPI BISA SAJA PENGALAMAN DI TEMPAT KERJA ATAU DISEKITAR LINGKUNGAN BIASA BERAKTIFITAS.

INFORMASI YANG DIUPLOAD JUGA BUKAN HANYA TENTANG SIMKES ATAU IT SAJA TETAPI BISA JUGA INFO LAINNYA YANG BERMANFAAT BAGI PEMBACA.

SALAM BUAT TEMAN-TEMAN SIMKES 2007…SUKSES SELALU

MUSLIM, MPH

3. anisfuad - 14 April 2009

good posting pak Johan……gantian saya mau kursus sama pak Johan nih……

4. ilowirawan - 15 April 2009

apik…apik…apik….. sik..ssiiiikk..ssiiik P Johan memang oye…. dan selalu udate ilmunya. Tidak banyak mahasiswa SIMKES yang kaya beliau niiiii (hidung si Joe langsung mekar….^_^ )

Bagi Alhiko dan P Muslim maaf admin situs (mengangkat pake SK sendiri hee…heee…) sudah mulai kehabisan ide n sibuk menyelesaikan thesis yang belum kelar2 juga. Sementara username dan pasword masih sama seperti yang dulu saat dikasih sama Mbak Nia. Bagi warga SIMKES 2007 yang menginginkan username dan password blog SIMKES 2007 silakan kirim SMS ke ilo atau e-mail ke ilo_wirawan@yahoo.co.id Dijamin dibales, kecuali lagi habis pulsa …..wa.ka kak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: