jump to navigation

2 mahasiswa NTB sekaligus…. 4 April 2009

Posted by ilowirawan in Kegiatan SIMKES 07, Seminar Kesehatan, Sistem Informasi Kesehatan, Teknologi Informasi.
trackback

ilo

Senin tanggal 30 Maret 2009, giliran mahasiswa ke-8 SIMKES 2007 yaitu ilowirawan maju menyajikan hasil penelitian dengan topik tentang e-learning di Poltekkes Depkes Mataram, NTB. Judul thesis selengkapnya adalah “Pengembangan E-learning di Poltekkes Depkes Mataram Sebagai Metode Pembelajaran yang Berbasis Teknologi Informasi”. Penguji yang seharusnya Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc (Direktur Poltekkes Yogyakarta) berhalangan hadir sehingga Prof. Hari Kusnanto-lah yang menggantikan sebagai pengujinya. So… it’s no problem. Banyak saran dan masukan dari penguji yang juga menjabat sebagai Direktur IKM Pascasarjana UGM ini, tapi maaf… tidak bisa diceritakan karena, ilo sendiri tidak dapat merekam semuanya dengan baik dan sibuk menyiapkan jawaban-jawaban yang akan diberikan kepada penguji.

Sementara Pembimbing II (dr. Tridjoko Hadianto, DTM&H, M.Kes) menyoroti tentang perbedaan pengertian e-learning dengan teknologi informasi agar tidak salah dalam menggunakan kedua istilah tersebut di dalam pembahasan. Sedangkan pembimbing II (dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D) menambahakan agar lebih tajam dalam menguraikan permasalahan karena hal-hal yang menjadi pokok pembahasan belum muncul di dalam pembahasan maupun kesimpulan.

syukuran ilo

di SS Terban

Apapun hasilnya presentasi bagi mahasiswa SIMKES 2007 yang juga bertugas sebagai dosen di Poltekkes Depkes Mataram, NTB ini telah terlewati dan diputuskan oleh KDP (dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA) untuk diuji kembali (pendadaran). Ujian pendadaran akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2009. Setelah menyelesaikan administrasi seluruh audience diajak ilo menikmati menu yang ditawarkan Warung SS yang terletak di belakang Galeria (Terban)… menunya juga lumayan top markotop….

Esok harinnya, tepatnya Selasa tanggal 31 Maret 2009 pukul 08.00 giliran Lalu Marzuki, S.Si menyajikan hasil penelitian thesisnya dengan judul “Kesiapan Sumber daya Manusia Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas”. Setelah dibuka oleh Prof dr. Djaswadi, Sp.OG, Ph.D selaku KDP, pria yang akrab dipanggila mamiq Uki ini menyajikan hasil penelitiannya di Dinkes Lombok Tengah.

Masukan dan pertanyaan dari Penguji (drh. Berti Murtiningsih, M.Kes), Pembimbing II (Anis Fuad. DEA) dan pembimbing I (dr. Lutfan Lazuardi, Ph.D) antara lain ditanyakan mengapa yang diambil sebagai sampel hanya 5 puskesmas saja, bagaimana halnya dengan grand design kesiapan SDM dan teknologi dan manajemen di Dinkes dan mengapa terdapat ketidaksinkronan antara pembahasan dan kesimpulan tentang kesiapan SDM.

mamiq Uki

Selanjutnya dari pembimbing II menanyakan tentang manfaat apa yang dapat dipetik dengan adanya penelitian ini dan apakah sistem yang baru dianggap sebagai external force (sesuatu kekuatan yang asing). Apa menariknya sistem yang dikembangkan apabila dibandingkn dengan sistem yang lain dan agar diceritakan pula secara rinci tentang perkembangan yang benar benar dilakukan di Dinkes Lombok Tengah.

Sedangkan pembimbing I menyarankan karena banyak hal yang belum terungkap dalam hasil dan pembahasan maka agar lebih dirinci dan lebih difokuskan kepada topik yang diambil supaya diketahui pula oleh pihak-pihal lain. Setelah selesai dan telah mendapatkan jadwal ujian pendadaran, kita semua diajak oleh mahasiswa yang bertugas di Dinkes Lomok Tengah ini untuk menikmati aneka menu yang disediakan di kantin depan aula FKU, berhubung audience yang hadir tidak begitu banyak maka acara dikemas cukup sederhana. Akhir cerita 2 mahasiswa dari “sana” (NTB) telah melewati kursi panas tahap II. Segera menunggu kursi panas tahap III. Doakan ya pren… biar sukses… OK

Komentar»

1. muslim - 6 April 2009

SELAMAT BUAT SEKRETARIS KELAS SIMKES 2007 DAN MAS MAMIK YANG TELAH MENYELESAIKAN TESISNYA MUDAH2AN PADA PENDADARAN NANTI JUGA SUKSES, AMIN

SALAM DARI JAUH

MUSLIM


Tengkiu Bosssss………. SW

2. merangin - 7 April 2009

Ternyata bapak mantan petinggi kelas simkes 07 memantau juga kegiatan anak mantan buahnya ya…

AKU JUGA MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA MR. ILO DAM MR MAMIQ UKI… SEMOGA SUKSS JUGA PENDADARANNYA… AMIENNNN

HARIS. N, SKM, MPH HAHAHAHAHA…….

Nggih Pak Wabup Merangin…. SW


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: