jump to navigation

Seminar JOE 23 Maret 2009

Posted by ilowirawan in Kegiatan SIMKES 07, Seminar Kesehatan.
trackback
jogank

Joegank

Hari Sabtu, tanggal 20 Maret 2009 kemarin Pak Johan Effendi, S.Si maju seminar menyajikan hasil penelitian di Eks Gedung Parasitologi FK UGM. Joegank (begitu sapaan akrabnya) merupakan mahasiswa SIMKES 2007 ke- 7 yang maju menyajikan hasil penelitian thesisnya dengan judul “ Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga di Kabupaten Lombok Tengah ”

Setelah dibuka oleh KDP (Prof. DR.dr. Soebijanto), selanjutnya dengan penampilan yang elegan serta meyakinkan, bapak dua putra dari Praya, Lombok Tengah ini menampilkan satu demi satu slide Power Point-nya dan Software Google Earth andalannya. Audience dan penguji dibuat cukup terkesan dengan penyajiannya, apalagi dengan tampilan Google Earthnya luarrr biasa…, yang barangkali menjadi sesuatu yang baru terutama bagi peminatan lain, sebab audiencenya banyak juga yang berasal dari peminatan lain. Cuma sedikit sayang justru fokus penelitian yaitu tentang PHBS-nya sendiri agak terlupakan…

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan saran dan pertanyaan dari 2 audience yang kebetulan dari pemintan lain (KMPK). Masukan yang dberikan adalah agar diberikan saran untuk stake holder. Di samping itu saran yang diberikan masih cukup global artinya belum spesifik/khusus sehingga sarannya agar lebih operasional lagi.

gank

Gank I-Joe Joegank

Giliran berikutnya adalah Penguji I (M. Agus Priyanto, SKM, M.Kes.). Penguji dari Dinas Kesehatan Propinsi DIY ini menyarankan bahwa pada abstrak seharusnya memuat pula kesimpulan. Saran berikutnya berupa tata penulisan dan kaitannya dengan kepustakaan. Senada pula dengan saran audience, bapak yang bertugas di Praya, Lombok Tengah ini disarankan untuk lebih memfokuskan pada hal-hal yang terakait dengan kepadatan dengan kalimat yang lebih operasional. Kemudian apakah kalau antar variabel tidak ditemukan adanya hubungan bermakna, haruskah diberikan saran juga? Selanjutnya pertanyaan yang diberikan adalah mengapa justru tidak diberikan gambaran PHBS di hasil, bagaimana hubungan kepadatan penduduk dengan PHBS, dst.

Selanjutnya pembimbing II (Anis Fuad, DEA) menyoroti masalah teknik penyajian. Menurut dosen di SIMKES ini penampilan si Uncle Joe ini kurang maksimal, dan agar menguasai persolan dapatlah kiranya melihat audience, bukan melulu melihat transparan saja. Harapan penjab. akademik di SIMKES ini , saat maju pendadaran nanti harus lebih OK. Dan P Joe pun cuman nyengir sambil nyeletuk “mohon doa dan restu serta dukungannya” heee.…heee.. mirip-mirip slogan caleg dari partai politik ya… Saran lain yang diberikan adalah agar lebih merinci kesimpulan dan jangan cuma mengkritik dari aspek PHBS-nya, yang lebih penting lagi adalah apa yang bisa disarankan?

Kemudian Pembimbing I (dr. Mubasyir Hasan Basri, MA) tak ketinggalan memberikan saran tentang manfaat penelitian terkait dunia pariwisata di Lombok khususnya di Lombok Tengah. Menurut saran dosen DTPS yang lucu ini, barangkali akan lebih menarik apabila P. Joe bisa menemukan hal-hal strategis apa yang dapat ditawarkan pada Pemda misalnya atau dinas instansi terkait. Dengan menyajikan data menggunakan Google Earth maka thesis ini tentu akan jauh lebih menarik, karena sesungguhnya software program yang ditawarkan itu sebenarnya powerfull apabila dioptimalkan fasilitas yang dimilikinya. Dan tentu pula akan lebih memperkuat nilai tawar tawar P Joe selaku lulusan SIMKES apabila mampu mengadvokasi Pemda. (Siap nggak coy… ?) P. Mubasyirpun mestinya juga harus mengakui bahwa sebenarnya orang SIMKES itu juga bisa hebat ya…… heee…..heee. (bagi yang hebat tentunya..): )

Sementara dari Prof. DR. dr. Soebijanto (KDP) menyarankan untuk menambahkan judul baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris di lembaran abstraknya. Saran yang lain agar subyek di dalam metode penelitian juga mesti disebutkan agar lebih jelas arah penelitiannya.

RM bebek

di RM H. Slamet

Secara keseluruhan Performance Mr. Joe yang juga musisi spesialis dangdut ini memang sedikit agak menurun dibandingkan saat maju seminar proposal yang dulu. Tapi yang pasti sudah ditentukan segera untuk maju pendadaran setelah kira-kira 1 bulan yang akan datang. Ok siiiip…siiiip. Sebagai rasa syukur dari bapak dua anak ini ini, semua audience warga SIMKES 2007 langsung diajak merasakan pedasnya masakan serba bebek di RM H. Slamet (Jalan Gejayan) (maksudnya RM yang disediakan bagi bebek-bebek aja, termasuk bebek dari SIMKES heee…heee…) Warung pilihan Leleh ini cukup membuat sebagian warga SIMKES bak kebakaran karena selain merasakan pedasnya sambel korek ala H Slamet, tapi juga suasana yang lumayan panas, karena banyaknya pengunjung. Dan kembali lagi-lagi warga SIMKES mempraktekkan PHIH atau Perilaku Hidup Irit dan Hemat…. khusus bagi anak kos-kosan. .. yang terlantar.

Komentar»

1. merangin - 27 Maret 2009

“selamat dan sukses” wt joe geng…

2. MUSLIM - 2 April 2009

selamat buat waka…..mudah2an jadi inspirasi dan motivasi buat teman simkes 2007 yang lain untuk cepat berupaya menyelesaikan proposal dan tesis bagi yang belum ….. horas

MUSLIM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: