jump to navigation

SIMPUSBAKU di Kab. Barito Kuala 6 Maret 2009

Posted by ilowirawan in Kegiatan SIMKES 07, Seminar Kesehatan.
trackback
maulida

maulida

Giliran ke 6 mahasiswa SIMKES 2007 Hari Jumat, tanggal 5 Maret 2009 kemarin yaitu Maulida Fathia, SKM yang maju menyajikan hasil penelitian thesisnya yang berjudul Analisis Kesiapan Organisasi dalam Penerapan SIMPUS di Dinas Kesehatan Kab. Barito Kuala, Sulsel. Topik yang diambil adalah tentang Sistem Informai Manajemen Puskesmas di Barito Kuala (SIMPUSBAKU). Seminar hasil dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB di R 308 Lantai III sayap barat Gedung IKM UGM. Mahasiswa yang masih membujang ini menyampaiakan satu persatu slide presentasinya yang cukup banyak, setelah dibuka oleh KDP (Prof. dr. Djaswadi, S.POG, Ph.D). Karena saking banyaknya sampai beberapa kali diingatkan KDP untuk memperhatikan alokasi waktu yang tersedia. Akhirnya selesailah penyajian dengan memakan waktu sekitar 25 menit dan berikutnya diikuti sesi tanya jawab.

Beberapa pertanyaan dan masukan diajukan dari para audience, di antaranya adalah siapa yang nanti akan dilatih untuk mengelola SIMPUS, kemanfaatan sistem bagi dinkes dan dipertanyakan pula apakah sistem peresepan obat di puskesmas yang tidak tertulis di kertas (paper base) sudah dapat diterima oleh petugas kesehatan. Apakah kebijakan ini juga sudah dapat diperbolehkan dari sisi legalitasnya?

Selanjutnya sesi pertanyaan dan saran dari para penguji (drh. Berti Murtiningsih, M.Kes) yang pertama adalah saran yaitu agar bentuk presentasi dapat dibuat lebih menarik, ada penekanan intonasi dan tidak terlalu banyak sehingga membuat pusing jika kita membacanya. Kemudian klarifikasi dari penguji yang sekarang bertugas di Dinkes Prov. DIY ini antara lain apa sebenarnya yang dimaksud denngan komitmen yang tinggi itu , apakah kalimat “Oh yaaa…. Saya mendukung sistem ini….” Apa sudah dapat dikatakan mendukung jika tanpa diiringi kebijakan yang benar-benar riil. Kemudian Renstra Dinkes Kabupaten apa memang sudah memuat tentang sistem informasi ini, terus kalau sudah mau diapakan?

Pertanyaan dari Pembimbing II (dr. Lutfan lazuardi, Ph.D) adalah kesimpulan apa yang dapat ditarik dari penelitian ini dan masukan-masukan lain yang berkaitan dengan perbaikan thesis. Senada dengan penguji 1, saran dari pembimbing I (Anis Fuad, DEA) adalah tentang cara-cara presentasi yang baik dengan memperhatikan intonasi (suara), bentuk penyajian yang menarik dan tidak terlalu monoton. Selanjutnya ditanyakan bagaimana cara yang tepat di dalam meyakinkan pimpinan agar rencana pengembangan sistem informasi mendapatkan perhatian yang semestinya, bagaimana kondisi riil di Kab. Barito Kuala dan bagaimana pelaporaan data dinas termasuk kelengkapan serta ketepatan waktunya. Kemudian disarankan pula agar lebih dipertajam di dalam membahasi substansi thesis.

Sesi terakhir adalah dari KDP (Prof. Djas) yang lebih menekankan dan menyoroti unsur substansi dari penelitian ini. Menurut dosen di peminatan KIA Prodi IKM ini peneliti harus lebih memfokuskan pada sistem informasinya.

ss

di SS Terban

Akhirnya, setelah semuanya selesai maka diinformasikan agar mahasiswa SIMKES yang bertugas sebagai staf Dinkes di Kab. Barito Kuala ini harus maju pendadaran sebulan berikutnya tepatnya adalah tanggal 3 April 2009. Dan sebagai rasa syukur para audience yang sebagian besar merupakan mahasiswa di SIMKES 2007 ini diajak mencoba menu lama di kedai baru ( rasa menu lama di lokasi baru….) yaitu RM Spesial Sambal (SS) yang berada di belakang RM Bumbu Desa sebelah barat Galeria Mall.

Saat acara makan sedang berlangsung, datang pula warga SIMKES 2007 yang baru pulang dari Sabang (NAD), diantaranya Leleh dan Joegank. Dengan tubuh yang lebih hitam namun “berisi” dan montok (maklum selama di Aceh selalu berada di lapangan dikejar target.. sekaligus dikejar GAM heee…heee) kedua mahasiswa SIMKES ini berbagi cerita pengalaman selama di sana. Tak lupa sekotak “Bika Ambon” menemani cerita sekaligus dipakai sebagai desert (makanan penutup) kami semua.

Komentar»

1. Haris - 8 Maret 2009

Maulida Fathia N, SKM,MP…..H semoga sukses ya… acara ulang tahunnya kok ga pake makan-makan y?

2. MUSLIM - 19 Maret 2009

mAULIDAH ATAU mAU BIBIR YANG PENTING SEMANGAT……….INSYA ALLAH WISUDA BULAN APRIL……AMIN

SALAM BUAT KRU SIMKES 2007


Oh Bos Muslim maunya bibir n lidah terus kalo di rumah…… heeee.heeee …SW

3. Irmansyah Hadi - 18 Februari 2010

Maulida FatiahS.KM,MPH Simpus Batola makin maju lanjutkan………

4. ulindaika - 15 Desember 2011

good, selalu di update laporannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: