jump to navigation

Alhiko top markotop ….. 27 Februari 2009

Posted by SIMKES UGM 2007 in Kegiatan SIMKES 07, Seminar Kesehatan.
trackback

alhiko

Hari Kamis, tanggal 26 Februari 2009 kemarin Abdul Hadi Kadarusno, SKM menjadi mahasiswa SIMKES 2007 ke-25 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Analisis Isi dan Desain Situs Web Politeknik Kesehatan Depkes RI”. Seminar proposal dimulai puku 14.00 WIB dan bertempat di R 310 Lantai III sayap barat Gedung IKM, dengan dihadiri beberapa mahasiswa SIMKES 2007 dan 2008.

Seminar dipandu oleh KDP (dr.Mubasysyir Hasan Basri, MA). Sesi pertama dilakukan dengan penyajian dari rencana proposal pria yang populer disapa Alhiko ini. Setelah kuarng lebih 20 menit penyajian berlalu, selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab. Salah seorang audience memberikan saran agar selain obyek yang dipilih tersebut berupa web yang baik/bagus perlu pula dibandingkan dengan web yang lain yang “tidak baik/bagus”, agar penelitiannya bisa lebih memberi arti .

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji I (DR. Lucky Herawati, SKM, M.Sc). Masukan dan pertanyaan dari Ibu yang juga sekaligus Direktur Poltekkes Depkes Yogyakarta ini antara lain adalah : Apakah manfaat yang dapat diberikan, Apa beda kata “eksplorasi” dan “mengetahui” yang terdapat pada tujuan khusus. Koreksian yang diberikan oleh Doktor (S3) di Bidang Metlit ini adalah sampai saat ini sebenarnya telah terdapat 33 buah Poltekkes dan bukan 32, karena telah dibuka Poltekkes Gorontalo yang merupakan institusi paling bungsu bentukan Depkes RI ini.

simkes 07 n 08

Simkes '07 n '08

Dari segi isi P Anis selaku penguji II, mempertanyakan kondisi riil lembaga Poltekkes saat ini, apakah bagusnya web institusi berarti bagus pula lembaganya? Saran berikutnya adalah agar di dalam pengukuran content menggunakan ceck list agar lebih mudah di dalam mengukur suatu obyek. Disarankan pula di dalam menggunakan search engine hendaknya menggunakan keyword dengan benar. Jadi menurut penanggung jawab akademik di SIMKES UGM ini penggunaan keywordjanganlah bersifat umum (general) namun lebih bersifat khusus, mengingat obyek yang diamati memiliki karakteristik yang khusus, misalnya penggunaan ac.id atau sch.id bagi institusi pendidikan dan sebagainya.

Pertanyaan berikutnya dari pembimbing II( DR.Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si), yang mempertanyakan arah dari penelitian ini, sebenarnya mau kemana? Sehingga menurut dosen yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik di Fak. Isospol ini, Alhiko mesti menemukan inti (core)-nya, tidak cukup hanya membandingkan saja. Soul (jiwa) dari penelitian content analysis ini harus didapatkan. Ditanyakan pula agar diamati pula isu-isu yang dikemukakan dan menyarankan agar penggunaan variabel dapat lebih spesifik. Ada satu hal menggelitik dosen Multimedia dan Promosi Kesehatan di SIMKES ini yaitu adanya penggunaan kamera digital sebagai alat untuk mengumpulkan data…??? Apanya yang mau difoto Alhiko… wong yang jadi obyeknya itu web Poltekkes???

Selanjutnya Pembimbing I ( DR.Ir. Eko Nugroho, M.Si) menyarankan agar meneliti seluruh situs Poltekkes baik Depkes maupun non Depkes (Mampukah kau Alhiko… jangan pusing yaaaa… namanya juga saran). Selanjutnya perlu ditentukan alat ukur menurut versi peneliti, agar hasil dari penelitian ini bisa lebih memiliki “nilai”. Selain itu disarankan juga agar menambah jumlah referensi (buku rujukan), karena menurut dosen yang baru melaunching buku baru ini bukunya belum dimasukkan sebagi referensi, jadi sekaligus promosi ya Pak…???!!!

top markotop

top markotop

Setelah diakhiri kata penutup dari KDP yang terkenal lucu (diam saja lucu apalagi bersuara heee..heee) kami disuguhi oleh penyaji yang merupakan Dosen di Poltekkes Yogya ini sekotak Brownies “Amanda”. Walaaaaaahhhh…. Brownies bawaan Alhiko ini memang top markotop, solanya dalam tempo sesingkat-singkatnya tidak lebih dari 30 menit ludes “diterkam” warga SIMKES 2007 dan 2008. Setelah itu kami (SIMKES 2007) diajak yang empunya acara ke kedai Ponca untuk melengkapi kebahagian pria berdarah Aceh ini. Sop buntutpun jadi menu favorit Bapak berputra dua dan beristrikan dokter ini… Thanks Alhiko…. Sip.. markosip acaranya…. Tulisan senada (tulisan Alhiko) dapat pula dilihat di sini

by: ilo

Komentar»

1. alhiko - 27 Februari 2009

Thanks p’ilo, crita ttg presentasi proposal alhiko sdh dimuat disini. Thanks tmn smua yg sdh bersedia hadir (baik scr fisik, maupun doa & dukgnnya dari mana2). Sehingga saya cukup mantap menghadapi sidang itu. Bahkan alhiko sempat memblock opini p’anis slaku penguji. (yg ini blm dicritain p’ilo khan?) Seru deh… Alhmdlh. Smoga langkah mulus ini akan berlanjut di seminar hsl nanti (insya Allah gak akan lelet / nelat2 lagi sperti wkt seminar proposal ini… krn tugas2 di Poltek Yk sdh memanggil utk ditangani). Mohon doanya alhiko bisa slesai April 09.

2. Chandra - 8 Maret 2009

Selamat ya, semoga lekas selesai penelitiannya …

3. iput - 17 Maret 2009

hai freind, gimana kabar, aku udah di ponorogo, titip ya, saya punya ijazah d-3 belum saya ambil, doain saya bisa s-2 seperti you tk

4. iapky - 17 Maret 2009

Hallo Iput, pa kbr… alhiko jg kangen lama gak ktemu, syukurlah kl skrg iput sdh di ponorogo lagi. Sdh lbh dkt kl mo siltrhm… slm tuk kelg. Oya, brp no.hp nya ? biar bs Kontak2an lagi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: