jump to navigation

Bu Desak Maju juga… 20 Februari 2009

Posted by ilowirawan in Uncategorized.
trackback

desak

Hari Jumat tanggal 20 Februari 2009, mahasiswa ke 5 yaitu mahasiswa paling cantik di antara warga SIMKES 2007 yang telah mendapat giliran maju seminar hasil. Dengan gaya sedikit agak grogi (blom sarapan keleee…), Ibu Desak (Desak Nyoman Maindrawati, SKM) menyajikan hasil thesisnya yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatana dan Penggunaan SIKNAS Online di Provinsi Bali”. Tidak ada masukan dan pertanyaan dari audience mungkin “terpana dan terpukau” dengan hasil presentasi ibu dua anak ini atau memang mungkin nggak ada yang mau dkoreksi atau bahakan nggak ngerti apa yang mau dianyakan. OK lah sing ken..ken

Setelah dibuka oleh KDP (DR.dr Radjiman), sesi berikutnya adalah dari Penguji (Drs. Bambang Prastowo, M.Kes) yang mengkonfirmasi apakah tidak ada referensi dari kakak kelas (senior). Padahal menurut ibu yang bertugas di Dinkes Prov. Bali ini telah dicantumkan di keaslian peneltian yaitu penelitian M Adib dan Il Afra (Simkes 2006). Ditanyakan pula apakah SIKNAS online tersebut saat ini benar-benar telah dimanfaatkan, kesimpulan apa yang ditarik dan saran apa yang dapat diberikan kepada Dinkes serta kepada penelitian selanjutnya.

Senada dengan Penguji, pertanyaan dari Pembimbing II (Surahyo, B.Eng, M.Eng.Sc) yang menanyakan kesimpulan apa yang dapat ditarik dari sisi kualitatif. Hal ini ditanyakan dosen yang juga menjabat direktur di Inixindo Yogyakarta ini agar penelitian ini lebih berbobot dan memberikan kontribusi bagi daerahnya.

Sementara dari Pembimbing I (Anis Fuad, DEA) menanyakan hal mendasar tentang definisi penggunaan SIKNAS Online. Menurut dosen lulusan S2 sebuah universitas di Perancis ini penggunaan SIKNAS Online selama ini masih sebatas penggunaan internet yang ada di Dinas Kesehatan(internetisasi) . Apakah waktu yang dihabiskan untuk berinternet tersebut memang benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan pengelolaan data dan pelaporan atau yang lain (chating, surfing, face book,friendster, blogging dsb). Selain itu disarankan agar tidak terlalu memfokuskan pada aspek teoritis belaka namun dimunculkan juga kondisi riil di lapangan sehingga lebih tampak “membumi”. Saran yang lain adalah agar ditanyakan kepada responden (mumpung masih ada waktu perbaikan ) bagaimana halnya dengan proses pelaporan dan rekap data sampai dengan data tersebut berada di Dinkes Provinsi.

desak

Joglo

Setelah ditup kembali oleh KDP dan semuanya dinyatakan selesai, ibu kita ini dijadwalkan ujian pendadaran pada tanggal 13 Maret 2009. Sebagai wujud rasa syukur para audience yang hanya beberapa gelintir orang SIMKES 2007 ini diajak menikmati berbagai menu baru di Warung Joglo di depan GOR UNY. Di RM dengan moto “Bukan Sekedar Resto” ini, kamipun memesan menu sesuai selera masing-masing… Matur suksme Mbok…. Menunggu giliran maju seminar proposal berikutnya Kamis, tanggal 26 Februari 2009 adalah Alhiko dengan “content analysis”nya

Komentar»

1. anis - 21 Februari 2009

asyik juga… Simkes 2007 memiliki reporter yang selalu menginformasikan perkembangan teman-temannya. Sukses mas Ilo….
Buat Bu Desak, selamat pulang kembali…sekalian melengkapi informasi yang sudah ada. Ini menjadi publikasi yang menarik tentang SIKNAS online yang sekarang lagi digunjingkan dimana-mana….

WTS pak… hahaaaa..haa….. Wartawan Tanpa Surat kabar… ngeliput melulu sampe thesis sendiri nggak keurus…SW

2. haris - 24 Februari 2009

selamat ya bu desak, tinggal selangkah lagi menuju sukses memperoleh gelar MPH… buat pa alhiko sukurannya jangan di JOGLO dong… pindah tempat lain lag aj y…

3. Chandra - 8 Maret 2009

selamat ya, semoga pengelola siknas online di pusat dapat menarik pelajaran dari hasil penelitian anda.

4. desak - 11 Maret 2009

terima kasih ya pak ilo, cerita ini sbg bahan masukan n kenang2 slama mengikuti ujian hasil di simkes. walau perasaan awal penuh stres n akhirnya lega juga setelah seminar hasil. Mohon doa restu ya buat teman-teman simkes 07 agar pendadaran saya nanti lancar n tentunya mendapat hasil yang maksimal, ya gitu lah harapan mahasiswa, he… he..
suskes juga buat teman simkes 07 yg akan maju hasil n pendadaran.

5. MUSLIM - 17 Maret 2009

SELAMAT BUAT MBA DESAK…….TETAP SEMANGAT

MUDAH-MUDAHAN TEMAN-TEMAN YANG LAIN JUGA DAPAT MENYELESAIKAN KULIAH TEPAT PADA WAKTUNYA.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: