jump to navigation

3 lagi mahasiswa ….. 25 Desember 2008

Posted by ilowirawan in Kegiatan SIMKES 07, Seminar Kesehatan, sistem informasi rumah sakit.
trackback

Darta

Beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Jumat 12 Desember 2008 si Orang Nias (Sudarta Yabesman Harefa, SKM) telah maju menyajikan proposal penelitian untuk thesisnya. Tapi harap maklum ya pren…. karena saya (ilo) nggak datang ikut seminar jadi nggak banyak yang bisa diceritakan, yang pasti browniz (brondong manissss…??? oh manis nggak yaaaa…) dari Pulau yang juga dikenal dengan kesenian “lompat batu” tersebut telah jadi mahasiswa SIMKES 2007 yang ke-23 yang maju seminar proposal.

Trus berikutnya, hari Rabu tanggal 24 Desember 2008 kemarin 2 orang mahasiwa SIMKES 2007 lagi, maju mempresentasikan usulan proposal untuk thesisnya masing-masing. Mereka adalah Parmin, S.Kom dan Rustam Iwandi, SKM. Pelaksanaan kegiatan seminar tersebut di R. 206 Lantai II Gedung IKM UGM berturut- turut pukul 13.00 (Parmin) dan 15.00 WIB (Rustam).

parmin

Judul yang diambil oleh “wongkito” (demikian dia biasa disapa….) adalah “Evaluasi Implementasi Teknologi Informasi pada RSUP Dr. Muhammad Hoesin Palembang Menggunakan COBIT Framework”. Dimulai dengan penayangan PP-nya yang lumayan kecil hurufnya (melotot mata kita ngeliatnya heee..heee apalagi yang duduk di belakang), mahasiswa ke-24 SIMKES 2007 yang telah proposal dan bekerja sebagai staf di RS DR M Hoesin ini selanjutnya menjawab beberapa pertanyaan dari Penguji II (Ni Luh Putu, SKM, M.Kes), Penguji I (P Anis Fuad, DEA) maupun Pembimbing I (Prof.DR (PH) dr. Hari Kusnanto, SU) dan Pembimbing II (Surahyo, B.Eng, M.Eng.Sc). Beberapa pertanyaan dan saran yang diajukan antara lain; apakah konsep COBIT tersebut dapat dipakai di dalam mengevaluasi SIM di Rumah Sakit, output apa yang ingin didapatkan dari penelitian ini, siapa respondennya dan dalam menentukan penilaian status organisasi/pengukuran bagaimana agar dapat dikuantifikasi ? Selanjutnya saran dan masukan yang diberikan para penguji maupun pembimbing terutama dalam hal sistimatika penulisan karya ilmiah dan kerangka konsep. Disarankan juga sebaiknya dilakukan proses triangulasi yaitu mengecek ulang hasil check list yang didapatkan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Ditambahkan saran dari KDP (drg. Dibyo Pramono, MD.Sc) tentang kosistensi penulisan proposal, cara penulisan istilah-istilah asing, dan penulisan Daftar Pustaka serta menghindari istilah “sejauh mana” (karena menurut beliau istilah ini tidak dapat diukur), akan lebih tepat apabila digunakan “bagaimana”.

rustam

Selanjutnya di tempat yang sama, giliran Rustam menjadi mahasiswa ke-25 yang mempresentasikan proposal dengan judul “Pengembangan Sistem Informasi Malaria di Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Timur”. Beberapa pertanyaan dari Penguji (DR Sri Kusuma Dewi, S.Kom, MT dan P Anis Fuad, DEA) serta Pembimbing (Prof. dr Hari Kusnanto, DR (PH) dan Prof. dr. Sugeng Juwono MH, M.Sc) antara lain; apa alasan utama penggunaan software yang berbasis web, dan untuk fasilitas pencarian dirancang seperti apa, siapa yang memiliki hak akses, kelebihan dari sistem yang hendak dibangun, bagaimana pula sistem tersebut mampu memperbaikai ketepatan waktu pelaporan dan sistem ini ditujukan untuk user yang mana ? Sementara saran yang diberikan antara lain ; sistem tersebut agar jangan hanya untuk malaria saja dalam arti sekaligus kalau memungkinkan untuk program kesehatan lain, untuk di Puskesmas harus tetap menggunakan desktop terutama bagi sistem yang masih menggunakan intranet/localhost dan terakhir adalah saran tentang sistimatika penulisan proposal.

dr. Wahyu, cs

Setelah 2 sesi penyajian berakhir maka seluruh audience dari SIMKES 2007 diajak ikut berbagi bahagia dengan si empunya acara. Biasa…. di Kedai Ponca (Pondok Cabe) namun terasa agak istimewa karena ikut bergabung juga dr. Wahyu Hartono yang merupakan mahasiswa PJJ SIMKES 2007 (tapi bukan singkatan “Pokoknya Jalan-Jalan” loooo…)dari Kab. Banyuwangi dan telah sekian lama menghilang dari peredaran….. heee..heee. Selanjutnya dengan segala kekuatan penuh (kayak mau berperang aje…) kami menikmati pedasnya menu Kedai Ponca sesuai pilihan menu masing-masing.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: