jump to navigation

Bang Sahala proposal juga 26 Oktober 2008

Posted by SIMKES UGM 2007 in Kegiatan SIMKES 07.
trackback

Beberapa waktu lalu pada Bulan Ramadhan (puasa) telah maju seminar proposal 3 orang mahasiswa SIMKES 2007 di antaranya Ibu Derti Koroh, Mbak Eka dan Pak TA (Teuku Abdullah, SKM). Tidak banyak yang dapat diceritakan mengingat pada saat itu saya (Susilo) yang menjadi admin di Blog SIMKES 2007 tidak dapat hadir bersama mereka, karena sedang pulkam (pulang kampuang …kata Mbak Dewi Padang) ke Mataram untuk melakukan penelitian. So..maaf ya… bagi kawan-kawan yang tidak bisa saya hadiri seminarnya.

sahala

Setelah vakum beberapa saat, akhirnya ada lagi satu dari warga SIMKES 2007 (Sahala Simatupang, SKM), tepatnya pada hari Jumat, tanggal 24 Oktober 2008 pukul 13.00 WIB maju menyajikan proposal thesisnya. Seminar proposal “pejabat” dari Tanjung Jabung Barat ini berjudul “Penerapan LAN (Local Area Network) dan Penyebaran Informasi Berbasis Intranet di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. Penyajian proposal segera dimulai setelah dibuka oleh KDP (dr. Sulanto Saleh Danu, S.FK), meskipun ada salah seorang pembimbing yang belum hadir (P Rahyo), yang akhirnya datang setelah 10 menit penyajian dilaksanakan.

Ada beberapa pertanyaan dan masukan dari audience yang berasal dari peminatan lain maupun teman di SIMKES 2007, antara lain ; mengapa dibedakan adanya subyek penelitian dan subyek pelaksanaan? Sementara masukan dari Alhiko adalah ; apakah tidak sebaiknya subyek pelaksanaan (user) lebih banyak daripada subyek penelitian (manager) dan bukan sebaliknya. Sedangkan pertanyaan dari Ilo adalah ; alasan mengapa CMS Aura yang dipilih, bukankah Aura lebih rentan teradap serangan virus, dan kalau pertimbangannya tersedia fasilitas Bahasa Indonesia sebenarnya terdapat CMS lain yang juga berbahasa Indonesia misalnya WordPress yang relative lebih tahan terhadap serangan virus dan penggunaan yang tidak teralu sulit. Presentan yang ‘sendu’ (seneng dugem) inipun manggut-manggut menerima usulan dan saran dari para audience.

penguji

Pertanyaan dari Penguji II (Ibu drh. Berty M, M.Kes) yang merupakan pegawai di Dinkes I Prov. DIY adalah, dalam latar belakang apa maksud pemanfaatan LAN yang sebelumnya telah tersedia di Kab. Tanjabar ? Dijawab oleh bapak satu anak ini, maksudnya adalah infrastrukturnya dan bukan sistemnya, karena memang sebelumnya sistem tersebut belum dibangun, sehingga harapannya SI intranet yang akan diaplikasikan nanti mampu menjadi perintis dari suatu sistem yang baru.

Masukan dari penguji I (dr. Luthfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D) adalah bahwa di dalam suatu penelitian tindakan (Action Research) selalu ada kolaborasi antara pengguna (user) dan pihak manajemen, sehingga apabila merujuk pada penelitian Senior SIMKES 2006 (P. Adib) bahwa bintek dan intervensi ini apakah betul-betul menjadi sesuatu action yang dibutuhkan apa tidak bagi intitusi tersebut. Tentu tidak semua kondisi lapangan (Kabupaten/Provinsi) akan seragam (tul nggak Bosss…?), Tanjabar sudah pasti berbeda dengan Kalsel. Pada akhirnya analisis kebutuhan tadi akan sangat menentukan keberhasilan sistem tersebut kelak.

Tak ketinggalan pertanyaan dan masukan dari Pembimbing II (Surahyo, B.Eng, M.Eng.Sc) yang menyoroti tentang teori yang dipergunakan (TAM model) dikaitkan dengan penggunaan LAN di Dinkes dan masukan untuk pustaka yang terlalu banyak terutama terkait dengan LAN. Sebagaimana juga pertanyaan dari pembimbing I (DR. Ir Eko Nugroho, M.Si) yang mengkalrifikasi peran pelatihan dan bintek di dalam menerapkan model TAM tersebut yaitu pada variabel “Penggunaan Secara Nyata”. Yang tak kalah pentingnya menurut masukan dari pembimbing yang terkenal lucu ini adalah dari aspek manajemen berupa kegiatan pembentukan tim pengelola yang dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) tertulis dari pimpinan yang berwenang.

simkes 07

Setelah diakhiri dengan kata penutup KDP, selanjutnya warga SIMKES 2007 diajak menikmati pedasnya cabai di Kedai Ponca (Pondok Cabe) Terban. Yang menjadi ketua panitia syukuran Abang yang asli Batak ini adalah Mas Adi , setelah Ilo lengser setelah sempat “menjabat” ketua beberapa saat lamanya dan mulai sibuk dengan penelitiannya. Sesampai di Ponca, P Sil mencari-cari menu jus buah yang katanya ngga ada. Setelah dicek ma kawan-kawan yang lain di daftar menu, memang nggak ada jus yang ada “juice” heee..heee. Maklum orang sana…. Dikira “jus” beda ma “juice”. Bapak yang baru aja dapat baby inipun nyengir aja…. Sementara yang lain dengan semangat 45 menghabiskan makanan yang tersaji di meja, sesuai pilihan menu masing-masing.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: