jump to navigation

Seminar proposal Karyasiswa SIMKES’07 yang ke-8 dan 9 ….. 13 Agustus 2008

Posted by SIMKES UGM 2007 in Kegiatan SIMKES 07, Simkes 07 Stayle.
Tags: , , ,
trackback


adi-wayan

Hari Senin, tanggal 11 Agustus 2008 kemarin ada salah satu warga SIMKES 2007 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Analisis Aksesibilitas Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Sleman”. Dia adalah Adi Widagdo, S.Si yang merupakan mahasiswa kali ke 8 dari SIMKES 2007 yang maju proposal.

Setelah dibuka oleh KDP (Prof. dr. Djaswadi, SPOG, Ph.D), selanjutnya dengan penampilan cukup meyakinkan, mahasiswa asal Kota Batik Pekalongan ini menyajikan satu demi satu slide Power Point-nya. Sekitar 15 menit penyajian berlalu, sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji I yaitu Bapak Suhariyanto, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Beliau mengajukan beberapa pertanyaan di antaranya mengapa subyek penelitiannya puskesmas? Bagaimana halnya dengan pemberi pelayanan yang lain misalnya Pukesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas Keliling (Puskel) dan klinik-klinik swasta yang ada ? Bukankah itu juga dapat dijadikan sebagai subyek penelitian?

Klarifikasi kedua berasal dari Penguji II yaitu dari Fakultas Geografi (Barandi, M.Sc) yang juga merupakan dosen Sistem Informasi Geografis SIMKES 2007. Beliau menyarankan untuk lebih memfokuskan pada manfaat bagi Dinas Kesehatan khususnya Kabupaten Sleman dalam upaya memperluas area pelayanan terutama bagi masyarakat yang jauh dari instusi pemberi pelayanan kesehatan atau bagi yang kesulitan mendapatkan akses pelayanan. Sedangkan dari Pak Anis selaku Pembimbing II, Beliau menyoroti tentang Kejadian Luar Biasa (out break) yang kemungkinan muncul di wilayah itu dan di dalam menilai aksesibilitas juga harus didasarkan waktu maupun jarak tempuh dalam mencapai fasilitas kesehatan itu.

Dari Prof. Hari selaku pembimbing I, menggarisbawahi tentang parameter yang hendak diambil. Unit analisis dan variabel harus lebih mudah diukur sehingga akan tampak di dalam hypothesis, contohnya jarak mempengaruhi apa dan seterusnya. Sebagai penutup KDP juga menyarankan agar masalah yang akan diangkat hendaknya lebih spesifik dan tajam. Namun secara keseluruhan penampilan lelaki gagah tapi masih suka nge-jomblo ini OK dan lancar-lancar saja.

wayan2Hari berikutnya Selasa, tanggal 12 Agustus 2008 giliran I Wayan Kariana, SKM menjadi warga SIMKES 2007 ke-9 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Evaluasi Sistim Informasi Kesehatan (SIK) Puskesmas di Kabupaten Bangli”.

Sebagai KDP ditunjuk kembali Prof. dr. Djaswadi, SPOG, PhD, untuk memimpin jalannya seminar proposal ini. Walaupun tidak dibuka oleh KDP (karena terlambat datang) penyajian segera dimulai dan dibuka oleh Prof. Hari. Tanpa basa-basi lelaki asli Bali ini menampilkan slide demi slide PP-nya. Setelah memakan waktu sekitar 18 menit penyajian proposalpun berlalu. Sesi berikutnya adalah pertanyaan dari Penguji I yaitu Ibu Berti dari Dinas Kesehatan Provinsi DIY. Beliau mengajukan beberapa pertanyaan di antaranya adalah sejauh mana sistem yang ada (SIK) yang sedang dijalankan tersebut memiliki kehandalan dan mengapa subyeknya hanya 3 puskesmas, apakah itu sudah dianggap mewakili? Disarankan pula agar indepth interview yang dilakukan kepada Kepala Dinas Kesehatan lebih mengarahkan kepada komitmen untuk lebih menguatkan peran di dalam regulasi SIK.

Saran dari Pak Anis sebagai pembimbing II adalah agar Puskesmas yang telah diujicobakan SIK tersebut diambil sebagai subyek dan ditambah beberapa Puskesmas lain. Kemudian point-point yang termuat dalam questioner jangan hanya pertanyaan ya/tidak karena rencana thesis yang akan diambil pria yang tinggal di Tembuku, Bali ini merupakan penelitian eksploratif sehingga memungkinkan banyak hal yang bisa digali. Kemudian masalah-masalah yang sekarang muncul tidak cukup dijawab dengan “sering eror”. Jadi musti dijelaskan rinci apanya yang eror, sistemnya, hardware-nya, software-nya atau malah bahkan brainware-nya (SDM-nya)?

Masukan pula dari Pak Lutfan selaku pembimbing I adalah agar pria yang akrab disapa Bli ini jangan terpaku pada softwarenya saja namun perlu juga memperhatikan aspek SDM, business process, organisasi manajemen dsb.

Sebagai kata penutup KDP menekankan dengan telah adanya base line data pada Primary Health Care (Puskesmas) evaluasinya bagaimana, bagaimana model itu mampu untuk dievaluasi karena sesungguhnya penelitian yang hendak diambil ini adalah evaluation research. Wacana yang dilontarkan KDP ini cukup dijawab dengan senyum pepsodent dari lelaki yang beristrikan bidan ini. Soalnya kalau ditanggapi ‘ntar tambah panjang diskusinya, kata Bli. Mungkin jurusnya mantan Presiden Megawati manjur kali ini yang menunjukan bahwa diam itu emas….hee…he… membela diri nih..

Sebagaimana kebiasaan di SIMKES bahwa diadakan syukuran untuk merayakan 2 warga kita ini, maka dipilihlah RM ”Lombok Idjo” di dekat Saphire Squre sebagai tempat berlangsungnya acara. Namun kali ini agak istimewa sebab warga SIMKES 2006 ikutan gabung di acara ini. Mereka juga mengadakan acara serupa untuk mensyukuri Mbak Vera, MPH yang telah sukses melakukan pendadaran dan Mbak Yanti calon MPH yang baru taraf seminar hasil. Di samping itu kegiatan bersama tersebut tentu bertujuan untuk lebih mengakrabkan sesama warga SIMKES UGM disamping demi efisiensi biaya tentunya. Mungkin bisa lanjutkan acara serupa di lain waktu agar kekompakan dan keakraban senantiasa erat terjalin.

Posted by : ilowirawan

Komentar»

1. AW - 14 Agustus 2008

mantap skali beritanya…. yang menarik dan diulangh2 bacanya dibagian ini neh “namun secara keseluruhan penampilan lelaki gagah tapi masih suka nge-jomblo”😕 hehehe… nggak kuku deh :)) harus buru2 nge……. DORRR!!!!😀

Makanya Mas Adi harus cepetan nge dorr… tapi sopo sing di dor…

2. Chandra - 16 Agustus 2008

ngiler dengar LOMBOK IJOnya ……..
Pasti asik upacaranya …
Selamat ya buat Mas Adi ..

Tengkiu Bang Chandra. Sayang abang nggak bisa ikut gabungan, seandainya ikut pasti lebih heboh acaranya….. SW


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: