jump to navigation

Kenaikan anggaran untuk TI 28 Mei 2008

Posted by SIMKES UGM 2007 in Teknologi Informasi.
trackback

nuhPemerintah mengucurkan anggaran yang cukup besar untuk belanja teknologi informasi (TI) tahun 2008. Tak tanggung-tanggung, jumlah anggarannya naik sekitar 75 persen dibanding tahun lalu menjadi Rp 7 triliun. Pada 2007 lalu, anggaran yang dikucurkan hanya Rp 4 triliun.

Demikian dikatakan Menkominfo M Nuh menyebutkan data dari Ristek, di acara IGOS Summit 2 yang digelar di JaCC, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/5/2008).

Menurut Nuh, di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), anggaran belanja TI memang tidak disebutkan secara gamblang karena ada belanja TI yang tergabung dengan belanja alat tulis kantor (ATK). Sedangkan belanja TI cakupannya cukup lebar, mulai dari software, komputer, printer dan peripheral lainnya.

“Kedepannya DeTIKNas (Dewan TIK Nasional) dan Kominfo diminta untuk menjalankan program internet infrastruktur sharing. Jadi nanti pemerintah akan membeli bandwidth secara gelondongan, tidak satu-satu per departemen seperti yang berjalan saat ini,” Nuh mengungkapkan.

Selain lebih hemat, dengan membeli bandwidth secara borongan, maka departemen yang kelebihan bandwidth bisa sharing bandwidth dengan departemen yang kekurangan. Diperkirakan, pola pembelian bandwidth seperti ini dapat menurunkan biaya 20 hingga 30 persen.

Dikutip oleh ilowirawan dari Detik.com

Komentar»

1. anisfuad - 18 Juni 2008

anggaran TI untuk sektor kesehatan (regulator atau pemberi pelayanan) meningkat nggak ya?….ada yg mau nyoba2 hitung?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: