jump to navigation

Sepuluh (10) Aktivitas Hotspot 8 November 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Teknologi Informasi.
trackback

Judul artikel ini persis sama dengan sumber tulisan yang ingin saya ceritakan. Banyak hal yang menarik ketika saya membaca harian KOMPAS Edisi 31 Oktober 2007 lalu, seketika itu juga saya ingin membaginya untuk teman-teman di Simkes 2007. Mudah-mudahan berguna ya.. Walaupun sudah banyak yang sudah mengerti tentang hotspot tetapi tidak salahkan kalau saya uraikan lagi. Hotspot menawarkan akses tanpa kabel di tempat-tempat umum sehingga memungkinkan para pengguna bisa browsing dengan mudah. Pada dasarnya kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan koneksi ke internet. Menurut artikel ini ada 10 (sepuluh) aktivitas hotspot terpopuler.

1. Teleconference Teknologi ini sangat menarik karena dapat ”memindahkan” rutinitas rapat anda dari ruang kantor ke tempat-tempat yang menyediakan area hotspot.Salah satu aplikasi yang populer adalah Live Meeting. Dengan Live Meeting kita bisa menampilkan wajah semua peserta rapat, mengirim dan menyunting dokumen secara realtime, sampai pada pengamanan jalur supaya tidak disusupi pihak lain. Jika dana terbatas masih ada pilihan lain yaitu dengan memanfaatkan Instant Mesenger (IM), selain dapat berfungsi sebagai temen bicara berbasis teks ternyata IM juga mempunyai fasilitas bicara dengan suara dan gambar.

2.Telepon dengan VoIP Jika ada hotspot perangkat notebook atau PDA pun dapat dimanfaatkan dengan memasang aplikasi tambahan (softphone) seperti SPJphone, X-Lite, dan Idefisk. Jangan lupa mendaftar dulu ke penyedia layanan VoIP. Di Indonesia kita bisa melalui www.voiprakyat.or.id yang menyediakan layanan VoIP cuma-Cuma.

3. Navigasi Online Dengan bantuan aplikasi Google Earth atau Wiki Mapia, hotspot memungkinkan kita bernavigasi tanpa batas. Dengan Google Earth kita bisa mengintip seluruh belahan dunia lewat jalur internat….. wuih hebat ya !!4. Simpan file onlineNah yang ini fungsi yang mungkin jarang dipakai teman-teman, ternyata dengan memanfaatkan internet di hotspot kita bisa menyimpan file kita secara online. Dengan teknologi online storage, terutama jika kita sering bepergian akan mengurangi resiko file kita tertinggal di rumah atau kantor. Situs web seperti www.xdrive.com, www.freedrive.com, atau www.dropboks.com biasa kita gunakan sebagai solusinya. Selain itu kalau kita mau memanfaatkan akses lokal kita bisa gunakan www.gudangupload … gratis lho.

5. Kerja online Sambil nyantai kita bisa menuntaskan kerjaan . Nggak usah risau kalau notebook kita belum dipasangi produktivity/office online. Gunakan saja aplikasi office online. Beberapa aplikasi bahkan selain bisa membuat atau menyunting dokumen bisa juga dikolaborasikan dengan teman lain… ini juga gratis.Ada 4 aplikasi office online populer kalau mau dicoba: Ajax13, Google Docs&spreadsheet, ThinkFree Online, dan Zoho office suite.Coba cari di www.ajax13.com, www.thinkfree.com, www.docs.google.com , www.zoho.com

6. Hiburan online Kalau capek bekerja boleh juga sebagai alternatif kita situs hiburan dan berita, Bisa dicari di www.an.tv, www.indosiar.com , www.rcti.tv, dll

7. Belajar online Sambil nongkrong di area hot spot, kita juga bisa menambah ilmu. Caranya? Ayo kita coba akses situs-situs belajar online. Bisa dicari di www.ilmukomputer.com, www.chem-is-try.org, www.nationalgeographic.com , dan tentunya masih banyak lagi.

8. Belanja Online Kalau yang ini sifatnya konsumtif banget, tapi kalau mau coba bolehlah. Dijamin tidak akan bikin kaki pegal-pegal akibat terlalu banyak mengujungi mall. Aya buka site toko maya lokal berikut :www.bhinneka.com, www.glodokshop.com, www.jakartanotebook.com, dll

9. Cari teman Dunia maya juga memberi kesempatan untuk menjalin persahabatan, ketemu sahabahat lama yang entah di mana sekarang, atau cari teman sehobi. Kita bisa cari di frienster, Facebook, H15 dan masih banyak lagi.

10. Membuat blog Ini baru jadi trend dan digemari yaitu blgging alais nge-blog. Blog bisa berisi komentar atau cerita tentang sesuatu, atau malah menjadi buku harian (online). Belakangan, aktivitas nge-blog ini ikut menguatkan tren citizen journalism. Mau ngeblog???? Coba lihat di Blogger.com, WordPress.com, indoblogger.com, Blogominster.com, Outblogger.com

Selamat mencoba……

Sumber : Kompas Edis 31 Oktober 2007 Dituliskan kembali oleh -widyawan, hp-

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: