jump to navigation

Mengenal Istilah Internet 19 Oktober 2007

Posted by HARIS. N in internet.
trackback

images3.jpgKetika kita berselancar di internet, kita banyak sekali menemukan instilah2 yang kita sendiri tidak tahu artinya. kondisi ini seringkali menyulitkan kita dalam melakukan browsing maupun pencarian2 di dunia maya. Untuk bisa meramban ke dalam pangkalan data halaman sebuah web kita perlu sebuah akun, yang dibutuhkan hanya nama pengguna dan kata sandi. Dengan bantuan kata kunci yang tepat kita akan berhasil menemukan uliran tentang beberapa tetikus nirkabel yang kita cari. untuk itu kita perlu mengetahui berbagai istilah dalam internet.images21.jpg Kebanyakan besar istilah-istilah berikut adalah berasal dari bahasa Inggris Amerika, karena dipandang memiliki kekayaan kosakata internet yang paling luas. Banyak istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang juga disadur dari bahasa asing[rujukan?]. Terjemahan istilah-istilah internet dan komputer seringkali menyisakan kesulitan sendiri bagi para ahli bahasa dikarenakan ilmu komputer dan internet merupakan teknologi baru yang terus menerus berkembang dan menciptakan istilah-istilah baru yang sebelumnya tidak pernah dikenal dalam ilmu linguistik. Oleh karena itu tidak jarang terjemahan langsung suatu istilah terasa janggal untuk diucapkan maupun ditulis (contohnya istilah cookie terasa janggal diterjemahkan menjadi ‘roti’ atau sejenisnya). Penerjemah-penerjemah harus berusaha sesetia mungkin dengan makna aslinya dengan tidak membuat padanan istilah yang tidak akan dipakai oleh pengguna-pengguna yang terbiasa dengan istilah di dalam bahasa lain (bahasa Inggris misalnya).

Banyak dari istilah-istilah internet dan komputer yang memiliki sejarah panjang yang membuat makna kata sesungguhnya kabur, sebagai contoh adalah nama-nama merek terkenal yang seringkali mengambil dari kosakata bahasa di mana perusahaan tersebut berada. Dengan demikian, istilah-istilah yang sudah bercampur dengan kebudayaan dan sejarah suatu bangsa akan semakin sulit diterjemahkan ke dalam budaya yang sama sekali berlainan dan tidak memiliki sejarah internet dan komputer yang sama panjangnya (contohnya istilah desktop sama sekali tidak ada hubungannya dengan ‘meja’ ataupun ‘permukaan’).
Perhatikan bahwa tidak semua istilah dalam artikel ini merupakan istilah resmi seperti yang ditetapkan pemerintah Indonesia

  • attachment = lampiran
  • bandwidth = lebar pita
  • broadband = pita lebar, jalur lebar
  • browser = peramban, penjelajah
  • bulletin board = papan buletin
  • chat = obrol, obrolan, rumpi
  • crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
  • connection = sambungan
  • copy = salin, kopi
  • cut = potong
  • cyberspace = dunia maya
  • database = pangkalan data, basis data
  • delete/del = hapus
  • domain = ranah
  • download = ambil data, unduh, muat turun
  • edit = sunting, ubah
  • e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e
  • forward/fwd (e-mail) = terusan
  • homepage = laman
  • hosting = hosting
  • install = instalasi
  • interface = antarmuka
  • keyword = kata kunci
  • lag = lambat
  • link = taut, kait, pautan, pranala
  • load = muat
  • login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log
  • logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log
  • network = jaringan
  • newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
  • mailing list = milis, senarai, forum ratel
  • network = jaringan
  • networking = jejaring
  • off line = tidak terhubung, terputus
  • online / on line = terhubung, tersambung
  • password = kata sandi, kata kunci
  • paste = tempel
  • preview = pratonton, pratilik, pratayang
  • (internet service) provider = penyelenggara jasa internet
  • save = simpan
  • scan = pindai
  • server = peladen
  • sign in / signin / sign on = lihat login
  • sign out / sign off = lihat logout
  • surfing = berselancar, selancar maya
  • update = pemutakhiran, pembaruan
  • upload = unggah, muat naik
  • username = nama pengguna
  • virtual reality = realitas maya
  • webpage = halaman web
  • website = situs web
  • wireless = nirkabel

Mirip bahasa Malaysia yaaa?… padahal semuanya bahasa Indonesia.

Posted by : Haris. N
source : Wikipedia Indonesia

Komentar»

1. dinkesprovsulteng - 23 Oktober 2007

Kalo bisa saran sih, sebaiknya istilah diatas dibarengi keterangan, ada beberapa kosa kata yang kayaknya untuk beberapa kalangan masih asing (termasuk saya).

Chandra

2. Mustaqim - 1 November 2007

kalo boleh titip saran.!!!
sebaiknya untuk istilah-isitlah di atas, sekalian dibarengi keterangan. soalnya ada beberapa istilah yang masih asing untuk beberapa kalangan (termasuk saya).

Taqim

3. ana - 28 November 2007

internet elek

4. tyza - 26 Januari 2008

kalo boleh saran.. Istilah- istilah yang ada di atas di barengi dengan keterangan yang lengkap.
Terimakasih

5. dewayu - 15 Februari 2008

baiknya istilah-istilahnya dibarengi langsung dengan keterangan

6. E. Raharjo - 5 April 2008

Bos komentar sama dengan bos-bos yang lain mask istilah kok kayak terjemahan saja kan kurang lengkap gitu tanpa keterangan, mbok ditambahi agar yang tidak paham jadi paham kan gunanya internet itu oke boss salam dari aku cah Solo

7. poenk - 21 April 2008

iya niy,, arti istilahnya sederhana bGDDDDDDDD…. nyampe sederhananya, jd ga ngerti dh gw

8. vhacx - 12 Juni 2008

Bagi yang mau merasakan nikmatnya akses net gratisssssssss….

http://www.vhacxs.blogspot.com

see uuu

9. Bhogi - 16 Juni 2008

Zukhruf Aku sayang n cinta banget sama kamu

10. bobby - 24 Juli 2008

good!!!!!!!

11. andri - 17 Agustus 2008

sedikit sedikit ngerti sih…
tapi kalo bisa kasih tau arti simbol simbol pas chating seperti🙂😦 :-p😀
oke…?

12. sensoritas - 18 September 2008

tai lo semua makan ee

13. sensoritas - 18 September 2008

bajingan bangsat ntot doank lanciau tt memek lebar

14. espero_9e@yahoo.co.id - 18 September 2008

attachment = lampiran
bandwidth = lebar pita
broadband = pita lebar, jalur lebar
browser = peramban, penjelajah
bulletin board = papan buletin
chat = obrol, obrolan, rumpi
crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
connection = sambungan
copy = salin, kopi
cut = potong
cyberspace = dunia maya
database = pangkalan data, basis data
delete/del = hapus
domain = ranah
download = ambil data, unduh, muat turun
edit = sunting, ubah
e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e
forward/fwd (e-mail) = terusan
homepage = laman
hosting = hosting
install = instalasi
interface = antarmuka
keyword = kata kunci
lag = lambat
link = taut, kait, pautan, pranala
load = muat
login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log
logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log
network = jaringan
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
mailing list = milis, senarai, forum ratel
network = jaringan
networking = jejaring
off line = tidak terhubung, terputus
online / on line = terhubung, tersambung
password = kata sandi, kata kunci
paste = tempel
preview = pratonton, pratilik, pratayang
(internet service) provider = penyelenggara jasa internet
save = simpan
scan = pindai
server = peladen
sign in / signin / sign on = lihat login
sign out / sign off = lihat logout
surfing = berselancar, selancar maya
update = pemutakhiran, pembaruan
upload = unggah, muat naik
username = nama pengguna
virtual reality = realitas maya
webpage = halaman web
website = situs web
wireless = nirkabel

15. salim - 20 September 2008

attachment = lampiran
bandwidth = lebar pita
broadband = pita lebar, jalur lebar
browser = peramban, penjelajah
bulletin board = papan buletin
chat = obrol, obrolan, rumpi
crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
connection = sambungan
copy = salin, kopi
cut = potong
cyberspace = dunia maya
database = pangkalan data, basis data
delete/del = hapus
domain = ranah
download = ambil data, unduh, muat turun
edit = sunting, ubah
e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e
forward/fwd (e-mail) = terusan
homepage = laman
hosting = hosting
install = instalasi
interface = antarmuka
keyword = kata kunci
lag = lambat
link = taut, kait, pautan, pranala
load = muat
login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log
logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log
network = jaringan
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
mailing list = milis, senarai, forum ratel
network = jaringan
networking = jejaring
off line = tidak terhubung, terputus
online / on line = terhubung, tersambung
password = kata sandi, kata kunci
paste = tempel
preview = pratonton, pratilik, pratayang
(internet service) provider = penyelenggara jasa internet
save = simpan
scan = pindai
server = peladen
sign in / signin / sign on = lihat login
sign out / sign off = lihat logout
surfing = berselancar, selancar maya
update = pemutakhiran, pembaruan
upload = unggah, muat naik
username = nama pengguna
virtual reality = realitas maya
webpage = halaman web
website = situs web
wireless = nirkabel

16. SHINTA - 13 Oktober 2008

lumayan lah…. buat blajar!!!

17. iyEm - 10 November 2008

istilah” internet yang laen dunk.
masak itu” mlulu……

18. bongek erlangga - 12 November 2008

ad istilah yang laen dak???????????
kalo ad posting ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

19. KONTOL - 5 Desember 2008

bodoh x klian cmua
tu smua sama aja
PANTEK KALIAN,,,,,,,,,,,

fera juwita caeemmm - 9 November 2009

Ada istilah iiank laeeeennnnn…..

20. KONTOL - 5 Desember 2008

lumayan kan
buat belajar

21. ALVIN - 26 Februari 2009

YANG LAIN DONK ,JGN ITU-ITU AJA !
KAYA INI N! .
NISDIntegrated Services Digital Network
ISP – Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.
MIME – Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.
UDAH AHH… KLO MAU TAU LBIH BANYAK CARI AJA D GOOGLE OK………….

22. denisssss - 31 Juli 2009

tag adeeeeeeee istilah laen selaeeen ini ke?????????

23. denisssss - 31 Juli 2009

maneeeeeeeeee ageg neeee!!!!!!!!!

24. muhammad arif - 1 Agustus 2009

add my facebook: riev.black@yahoo.com
my phone : +628994380089
key

25. chummy - 29 Agustus 2009

.uih internet kerend eah.

.maju terus wat internet Indonesia.

.Haha.

.Merdeka…!!!!

26. zulfiqar wijaya - 18 Oktober 2009

klw biza per/minggu ganti kosa-katanya yg beda…
iar nak bangsa cepat maju..

27. fera juwita - 9 November 2009

thx…

28. obi - 11 November 2009

ini adalah suharto gaul

29. P3P3K AYAM BERAAS - 11 November 2009

P3P3K SOK TAU KALIAN SADONYOMAH PANT3K

30. niko - 12 November 2009

,ok kwkwkwkkkk

31. niko - 12 November 2009

,ok kwkwkwkkkk pantekjkkkkkk kalen mua anjing…….

32. pepek balubang - 12 November 2009

isok di kontol kalen semu anjin anjing ompok lo anjing anjing kontol bapak loooooo………………..

33. pepek balubang - 12 November 2009

riduan,ide,ijon,upiak,bakri,mala,yunus,udin,endri,siam,gultom,kamil,
sarul,edi9,makmur,iros,zainal,suadi,

34. eyha cute - 12 November 2009

hoy, g’da yups istilah yg laen loe……………………………………………………….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: