jump to navigation

E-MAIL …? MESTI BERETIKA FRIENDS …!!! 18 Oktober 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Uncategorized.
trackback

etika

E-mail digunakan sebagai sarana komunikasi melalui internet yang sangat intensif. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui beberapa etiket e-mail. Dengan mengetahui dan mematuhinya, pengguna dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan. Jadi komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya dapat disebutkan pada uraian di bawah ini.

Menyertakan nama pribadi atau bisnis. Bila mungkin, buatlah alamat e-mail yang sedekat mungkin dengan nama pribadi atau bisnis. Misalnya, karya_permadi@yahoo.com akan dipandang jauh lebih kredibel dibandingkan gue_gilu_loh@yahoo.com

Memasukkan topik (subject) e-mail yang tepat dan sesuai isi e-mail. Hal ini memudahkan penerima untuk mengecek e-mail yang terdapat dalam kotak pos.

Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar serta bernada sopan yang tidak menyinggung perasaan. Sebaiknya tidak menulis e-mail dengan huruf kapital semua karena terkesan berupa teriakan atau bernada kasar.

Berhati-hati dalam mengirim data pribadi atau rahasia. Misalnya surat pribadi, nomor kartu kredit atau PIN dan sebagainya.

Menyusun e-mail secara jelas, singkat dan sesuai konteks. Misalnya mengirim e-mail ke technical support dengan menjelaskan permasalahan secara singkat dan jelas. Menyertakan cuplikan terdahulu dalam membalas e-mail dapat pula membantu kejelasan isi e-mail. Umumnya, cuplikan diawali symbol ‘>’ untuk mengingatkan penerima pada balasan e-mail akan pembicaraan terdahulu. Emoticons yang merupakan cara mengekspresikan bahasa tubuh lewat tulisan akan membantu kejelasan isi. Misalnya adalah J yang mengekspresikan senyuman. Namun sebaiknya tidak menggunakan emoticons untuk e-mail resmi karena menguirangi keformalan e-mail

Bersabar menanti balasan e-mail. Jangan hanya karena belum menerima balasan dalam waktu 15 menit lalu kita segera mengirim e-mail kedua dan seterusnya.

Menggunakan fitur-fitur ekstra dengan penuh pertimbangan. Misalnya adalah huruf cetak tebal, huruf miring, atau e-mail dalam bentuk HTML. Pastikan bahwa aplikasi penerima e-mail mendukung fitur-fitur ekstra tersebut.

Demikianlah mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. (Disarikan oleh Susilo Wirawan dari “Buku Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi” karangan Budi Sutedjo DO, SKom, MM dkk)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: