jump to navigation

AYO BERKENALAN DENGAN XAMPP (Apache, PHP,MySQL dan phpMyAdmin) ….! 6 Oktober 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Uncategorized.
trackback

XAMPPKita mungkin pernah membuat sebuah halaman web menggunakan HTML (Hyper Text Mark up Language). Ketika membuat halaman web dengan HTML saja maka halaman web kita akan tampak statis. Artinya, isi halaman web kita akan selalu tetap. Seandainya kita ingin mengubah tampilannya kita harus mengubah kode HTML-nya. Halaman web yang dibuat menggunakan kode HTML saja bersifat client-side. Artinya isi halaman web tersebut diolah di sisi klien. Ketika seseorang membuka halaman web, maka server yang menyediakan halaman web tersebut akan langsung mengirimkan halaman web itu kepada peminta tanpa diolah terlebih dahulu.

Hal tersebut akan berbeda dengan halaman web yang dibuat dengan bantuan PHP. Halaman web yang dibuat dengan bantuan PHP dapat mengakses dan memanfaatkan database sehingga lebih bersifat dinamis. Isi halaman web-nya dapat berubah tanpa perlu diprogram ulang. Selain itu halaman web-nya akan diolah terlebih dahulu di sisi server sebelum dikirim ke pemintanya (server side). Oleh karena sifatnya yang server side, maka dibutuhkan sebuah web server. Dalam hal ini web server yang banyak digunakan salah satunya adalah Apache.

Sesuai dengan materi yang diajarkan dosen MK. Manajemen Data Base SIMKES 2007 (Bp. Khabib Mustofa, S.Kom, M.Kom, Ph.D) penulis mencoba menguraikan secara ringkas tentang apa itu Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin ? Ada baiknya anda membaca artikel ini sebelum mengerjakan tugas yang diberikan beliau atau bagi yang sudah mengerjakanpun tidak ada larangan koq untuk membacanya…. Uraian singkat keempatnya silakan anda klik Susilo Wirawan di sebelah kanan/Blog roll-nya SIMKES 2007 atau klik di (http://ilowirawan.wordpress.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: