jump to navigation

TELEPON GENGGAM PENYEBAB KANKER….? MASAK SIIIIH…………….. 18 September 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Uncategorized.
trackback

hpPertanyaan semacam itu sering terdengar setelah beberapa studi di Swedia misalnya yang menghasilkan temuan bahwa tumor di kepala lebih sering muncul pada sisi kepala tempat telepon genggam biasa ditempelkan.

Namun pengguna telepon genggam kini boleh tenang. Para ilmuwan yang meneliti kesehatan 420.000 orang Denmark pengguna telepon genggam ternyata tidak menemukan adanya peningkatan resiko terkena kanker (kalo bahasanya Pak Zulaela Relative Risk atau Odds Ratio, gak tahu aku yang mana yang bener….). Penelitian yang dipublikasikan di Journal of National Cancer Institute itu menyimpulkan bahwa resiko terkena gangguan otak, leukemia, tumor kelenjar gondok, atau kanker tidak lebih besar dibandingkan orang yang tidak menggunakan bertelepon genggam.

Riset ini menguatkan dua riset lainnya terhadap 2.400 orang Amerika Serikat (yaitu Negerinya Pakde Google…pen) yang memakai telepon genggam selama lima tahun dan tidak ditemukan resiko apapun. Namun riset-riset ini belumlah tuntas mengingat hanya melibatkan pengguna telepon genggam di bawah 10 tahun, waktu yang dibutuhkan untuk tumbuhnya tumor . Mungkin karena itu FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di AS menyarankan para pengguna telepon agar menggunakan earphone (Alat pendengar) dan menjauhkan antena ponsel dari kepala. Dengan begitu kenikmatan tak terganggu, kesehatanpun lebih terjamin n bagi yang curhat bisa tambah asyyyyiiik…. (diambil dari buku “162 Tips kesehatan”). ilo_wirawan@yahoo.co. id

Komentar»

1. Anonim - 20 September 2007
2. desak - 20 September 2007

Tulisannya bagus, jd tambah ilmu buat kita2….di simkes 07.
untung dr hasil riset tidak ada peingkatan resiko kanker, tapi itu kan dg anak di bawah 10 th, mngkin pak ilo ada info lain utk riset yg dewasa?
Jadi takut, moga klu ada hasilnya juga tidak ada peningkatan risiko.
Saran jg buat teman walau pada byk kost yg penting jg kesehatan n nutrisi yg cukup sehingga tetap fit hee…
Sukses dg tulisannya…….
(desak)

3. SIMKES UGM 2007 - 21 September 2007

Maksudnya bukan untuk anak usia 10 tahun. Tapi berhubung adanya ponsel tu kan baru kira-kira 10 tahun terakhir boomingnya. Jadi pengamatannya walaupun untuk orang dewasa namun itu bukan merupakan waktu yang cukup untuk sampai munculnya Ca. Ya nanti mungkin akan ada penelitian baru yang akan menghasilkan conclusi yang berbeda dari yang ada sekarang.Mungkin 10 atau 20 tahun lagi.. Tapi yang pasti lebih aman kalo kita mencegah aja dulu kan, daripada ambil resikonya. Makasih tanggapannya. Susilo W

4. dian - 11 Desember 2007

Mo tanya nih, emang ada bahan apa yang di telepon genggam yang bisa bikin kanker?? saya pernah denger…. katanya emang bener kalo pake hp sering2 tuh gak baek, bisa bikin kanker otak dari signalnya. bener gak sih??

5. Dynee - 9 Mei 2008

Rasanya takut utk percaya.cos gue kan tipe miss ring2.How could be that I Live without cellphone.

6. erni - 21 Agustus 2008

eh mu nanya dnk.kalo radiasi radio bs nybbin kanker otak g?

7. lila - 11 September 2008

pa pnyebab lain kanker otak

8. n_can - 6 November 2008

gmn sich gjala2 org yg mgidap pnykit kanker otak..?
truz pnyebabnya 2 paAn sich..?

9. aiz - 19 Januari 2009

pak bokeh nanya g??
bener ya kalau ngantongin HP di saku pakean bawaah tu bikin mandul…. ??
sebelumnya makasih…

10. ZULLY - 31 Januari 2009

PAK KLO TUMOR OTAK TUH BISA MERADANG PO??????????????????MKSH

11. rahim - 12 Februari 2009

emankx semua merek handphone penyebab kanker????
ada g hp yang diprotecsi dari itu???
harus ada dong!!!!

HP tidak terkait dengan merk HP. Proteksi…..???? Yaaa kalo bisa menghindarkan diri dari paparan/pajanannya saja agar terhindar dari resiko…. SW

12. oja - 27 April 2009

salam…
pak pa ciri2 to gejala pyakit kanker payu dara????
thanks b4

13. haryo - 1 Agustus 2009

penyebab yang relatif lebih gamblang paparannya ada gak thank’s…….

14. vida ayu - 16 Oktober 2009

pak, apa beda nya kanker otak dgn tumor otak???????????????????????? trus apa gejala nya dan jg penyebab nya?????????????? tanks ya pak………..

15. bernita - 27 Oktober 2009

tulisanya ok bgt jdi tmbah ilmu stelah baca.aq jdi ngerti tntang kanker otak.oza gmn cara nyembuhinnya. . . . . . ?

16. uli - 31 Juli 2010

keseringan minum obat sakit kepala bisa bikin kanker otak?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: