jump to navigation

KESIMPULAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN TOPIK DETERMINAN AND USE 7 September 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Sistem Informasi Kesehatan.
trackback

A. ANALISA DAN PENGGUNAAN INFORMASI

Sistem informasi kesehatan merupakan unit pusat analisis data yang mendalam yang mampu menyediakan data yang akurat, relavan, berkesinambungan, bermutu dan tepat waktu.Dapat ditampilkan berupa grafik, peta serta analisis yang secara luas yang dapat digunakan oleh organisasi serta masyarakat .Selain itu system informasi kesehatan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan oleh manager organisasi kesehatan baik dari tingkat nasional, propinsi, dan kabupaten.

B. KEBIJAKAN DAN ADVOKASI

Sistem informasi kesehatan tersedia dalam bentuk laporan tertulis minimal yang dilaporkan 2 kali setahun oleh semua level pelaksana pelayanan kesehatan selanjutnya dibuatkan resume yang mencakup minimal indicator utama termasuk MDGs dan GHPS. Kemudian disebarluaskan secara rutin disemua tingkat.Pembuat kebijakan dengan system informasi ini selanjutnya akan membuat kebijakan serta menilai kinerja dalam bidang kesehatan.

C. INFORMASI KESEHATAN DIGUNAKAN UNTUK PERENCANAAN DAN PENENTUAN PRIORITAS

Informasi kesehatan diaplikasikan untuk proses penyusunan perencanaan, dimana setiap tenaga kesehatan didaerah menganalisis secara statistic semua komponen kesehatan dan disesuaikan dengan standar nasional.

D. INFORMASI KESEHATAN DIGUNAKAN UNTUK MENENTUKAN SUMBER DAYA

Informasi Kesehatan digunakan secara luas untuk menentukan pengalokasian sumber daya.Selain itu informasi kesehatan juga digunakan untuk data pendukung dalam pembuatan anggaran kesehatan.

E. IMPLEMENTASI DAN PELAKSANAAN

Informasi kesehatan digunakan oleh pimpinan untuk membuat perencanaan serta monitoring. Selain itu informasi kesehatan juga digunakan untuk merubah perilaku secara sitematik sehingga mengurangi factor resiko.

 

Kelompok 6 (Indrayadi, Widiawan,Dewi,Sudarta,Rustam)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: