jump to navigation

Health Metric Network (HMN) point INDICATOR (Kelp II) 4 September 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Uncategorized.
trackback

TUGAS KELOMPOK II

HEALTH METRIC NETWORK (HMN)

Health Metric Network adalah sebuah jaringan untuk pengukuran status kesehatan suatu organisasi atau instansi. HMN bisa dipakai untuk suatu negara, propinsi, atau level yang lebih bawah. Dari 6 komponen yang dinilai salah satunya adalah komponen ke 2 yaitu INDIKATOR.

Penilaian indikator didasarkan pada 5 item penilaian. Hasil penilaian yang dilakukan oleh kelompok 2 disajikan pada hasil sebagai berikut :

1.       Indikator utama, apakah telah dikenal pada tingkat nasional, propinsi dan level dibawahnya menyangkut semua katagori indikator kesehatan. Penilaian kelompok 2 yang berarti indikator utama telah dikenal pada tingkat nasional dan propinsin namun tidak mencakup seluruh katagori.

2.       Apakah indikator strategi yang ada cukup jelas dan terbuka dlam pengukuran masing-masing indikator yang berhubungan dengan indikator MDGS. Rata-rata penilaian kelompok adalah  2,4 yang berarti tidak semua indikator minimal 50% indikator kesehatan yang terkait MDG telah terpenuhi.

3.       Indikator utama yang telah dipahami oleh seluruh stakeholders (Departemen Kesehatan, BPS,Departemen lain yang terkait seperti : organisasi profesi, ahli atau pakar pada pengelolaan program yang terfokus pada penyakit-penyakit utama. Penilaian yang diberikan oleh kelompok II adalah 3 yang berarti setuju bahwa seluruh stakeholder telah memahami indikator utama.

4.       Indikator utama yang dipilih sesuai dengan kriteria termasuk kegunaan,kelayakan dan sebagainya. Kelompok II memberikan penilaian rata-rata 2,6 yang berarti setuju bahwa hampir semua indikator utama yang dipilih telah sesuai dengan kriteria.

5.       Pelaporan dilakukan secara rutin. Penilaian kelompok II membuka skor rata-rata 1 yang berarti bahwa laporan disampaikan tidak teratur dan tidak lengkap.

Dari indikator tersebut skor rata-rata dari kelima item penilaian adalah 2,2 yang berarti bahwa indikator yang ditetapkan sudah dipahami, namun belum diimplementasikan secara optimal.

KELOMPOK II:

1.       SUSILO WIRAWAN.

2.       EKA SURYANI

3.       KARTIAWAN

4.       HARIS, N

5.       LALU MARZUKI

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: