jump to navigation

TOR PEMANFAATAN WEBSITE DI DIKES PROVINSI BALI 24 Agustus 2007

Posted by SIMKES UGM 2007 in Sistem Informasi Kesehatan.
trackback

a. LATAR BELAKANG

Masalah kesehatan semakin banyak diberitakan oleh media massa. Berbagai kasus kesehatan bahkan masuk menjadi headline. Masalah – masalah kesehatan yang menjadi isu di media massa terdiri dari : kasus (kejadian/peristiwa), kebijakan, kegiatan menarik, hasil penelitian/riset, penanggulangan penyakit dan lain – lain.

Bila publikasi berita kesehatan semakin banyak, ini berarti masyarakat memang sangat membutuhkan berita – berita kesehatan. Sebab selama ini, sebagai industri, media massa cenderung untuk mempublikasikan berita yang punya nilai jual, yang dibaca/didengar banyak orang.

Dengan banyaknya informasi kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, maka website sangat berperan penting sebagai sumber informasi. Informasi yang ditampilkan website akan bisa sampai ke tangan komunikan (pengguna website) sangat tergantung pada cara penyajian dan penulisan yang disampaikan.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali telah memiliki Website, namun pemanfaatannya belum optimal terlihat dengan informasi yang ditampilkan jarang diupdate untuk digantikan dengan informasi yang up to date. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan ketrampilan SDM dalam pemanfaatan website tersebut.

b. PERMASALAHAN

Internet sebagai media yang tidak terbatas dapat dikembangkan dengan memanfaatkan Website. Dinas Kesehatan Provinsi Bali telah memiliki Website namun pemanfaatan Website tersebut masih rendah. Dari website yang sudah ada jarang di update informasi yang sudah tidak diperlukan digantikan dengan informasi baru yang up to date atau mengupload /menayangkan kembali informasi lain.

c. TUJUAN

Pemanfaatan Website yang telah ada Di Dinas Kesehatan Provinsi Bali sehingga menjadi lebih optimal, seperti :

a. Dapat mengentri dan mengupdate data ke isi web untuk menampilkan informasi yang ingin disampaikan pada khalayak luas.

b. Dari website yang sudah ada bisa mengupdate informasi yang sudah tidak diperlukan digantikan dengan informasi baru yang up to date.

c. Mengetahui dan paham cara meregistrasi domain serta melengkapi persyaratan yang diperlukan.

d. Memanfaatkan internet sebagai media informasi.

d. MANFAAT

Dengan pemanfaatan Website yang telah ada di Dinas Kesehatan Provinsi Bali menjadi optimal sehingga dapat bermanfaat untuk:

a. Individu (Staf/Karyawan) : Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan merekayasa sistem informasi untuk peningkatan kinerja pelayanan kesehatan

b. Institusi : Pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem dan manajemen informasi kesehatan.


e. LANGKAH – LANGKAH

Berdasarkan permasalahan di atas dan tujuan yang ingin dicapai maka langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut :

1. Melakukan advokasi tentang pemanfaatan website kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali sehingga mendapat dukungan.

2. Mensosialisasikan website yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Bali kepada semua program yang ada dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

3. Melaksanakan pelatihan tentang web design dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan staf dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

4. Mengaplikasikan dari hasil pelatihan web design berupa :

a. Dapat mengentri dan mengupdate data ke isi web untuk menampilkan informasi yang ingin disampaikan pada khalayak luas.

b. Dari website yang sudah ada bisa mengupdate informasi yang sudah tidak diperlukan digantikan dengan informasi baru yang up to date.

c. Mengetahui dan paham cara meregistrasi domain serta melengkapi persyaratan yang diperlukan.

d. Memanfaatkan internet sebagai media informasi.

5. Melakukan monitoring dan evaluasi tentang pemanfaatan website di Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

KELOMPOK I : Derty, Desak,Maulida,Prayekti,Sukma.

Komentar»

1. Chandra - 27 Agustus 2007

Wah, asik nih, bisa sharing informasi dengan teman2 di SIMKES07, kebetulan penelitian saya tidak jauh beda dengan artikel diatas.

chandra

2. SIMKES UGM 2007 - 28 Agustus 2007

Provinsi Bali memang harus “melek”IT karena orang luar lebih mengenal Bali daripada Indonesia.Tul ngga …?

3. kristina - 22 Agustus 2008

Ya betul sekali sahabatku kita akan membenahi diri moga aja tahun ini kita sudah bisa aktif. Namun untuk lebih baiknya tidak tertutup kemungkinan saran dan sumbangan pemikiran dari teman-teman di daerah lain untuk terus saling bertukar informasi ke kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: