jump to navigation

Ada Masalah Dengan Wi-Fi anda??… 21 Desember 2007

Posted by HARIS. N in internet, LAN.
trackback
 greyheader.gifharis3.jpg01_gallery-background-copy.png
Mengatasi Masalah Wi-Fi Anda
Pada dasarnya, men-setup jaringan Wi-Fi sangatlah mudah, seseorang yang kurang terlatih dapat mengonfigurasi semuanya kurang dari 15 menit. Meskipun begitu, ada kalanya terjadi suatu kesalahan yang membuaat frustasi bahkan untuk network engineer sekalipun. Ikuti langkah berikut untuk mengatasi masalah Wi-Fi Anda.

Komputer saya menunjukkan kekuatan sinyal yang besar, tetapi saya tidak dapat terhubung ke Internet.
Tiga dari empat faktor dapat menyebabkan koneksi tanpa transfer data. Pertama, cobalah meng-upgrade firmware access point Anda (Firmware sama seperti operating system access point Anda).

Jika itu tidak berhasil, periksa apakah konfigurasi key WEP (wired equivalent privacy) atau WPA (Wi-Fi protected access) sudah benar. Jika Anda mempunyai wireless PC lain yang dapat berfungsi dengan baik, masukkan kembali kode WEP atau WPA pada mesin yang tidak berfungsi.

Jika tinggal di apartemen dengan beberapa wireless access point lain, Anda mungkin perlu mencegah PC Anda agar tidak terhubung ke AP lain. Buka Start, Control Panel, Network Connections, dan kemudian klik-kanan card wireless Anda dan pilih Properties. Buka tab Wireless Network, klik tombol Advanced, dan pastikan “Automatically connect to non-preferred networks” tidak di centang.

Penyebab yang terakhir adalah konfigurasi alamat IP yang salah. Buka kembali Network Connections pada Control Panel, klik-kanan card wireless Anda, dan kemudian pilih Status. Buka tab Support dan periksa alamat IP. Biasanya, alamat yang tercantum adalah “Assigned by DHCP.”  Jika yang tercantum adalah “Auto-configuration IP address”, maka masalahnya mudah diatasi. Cukup tekan tombol Repair untuk mendapatkan alamat IP terbaru.

Jika yang tercantum adalah “Static IP address”, Anda mungkin perlu menggantinya ke dynamic. Buka Network Connections pada Control Panel dan pilih Properties. Klik tab General, dan kemudian klik ganda Internet Protocol. Pastikan “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically” dicentang (?).

Access point saya menyala dan telah dikonfigurasi, tetapi komputer saya mengatakan tidak ada jaringan wireless yang tersedia.
Pertama, cobalah untuk mendekatkan komputer Anda ke access point. Jika Anda sudah berada dalam jarak satu meter dari AP dan masih belum mendapat koneksi, baik perangkat atau AP Anda mungkin salah konfigurasi. Pastikan access point dan komputer Anda menggunakan jenis sekuriti yang sama, baik WPA atau WEP. Anda juga perlu memastikan kode sekuriti pada AP dan komputer sudah sama.

Pastikan komputer dan access point Anda menggunakan spesifikasi yang sama. Meskipun 802.11g kompatibel dengan 802.11b, beberapa access point hanya memperbolehkan user dalam mode 802.11g, sehingga mencegah koneksi dari hardware 801.11b.

Jika telah memeriksa sekuriti dan kompatibilitas, tetapi masih belum dapat koneksi, periksa situs web pabrikan AP Anda apakah ada update firmware. Seringkali masalah inkompatibilitas antara access point dan card wireless dapat diselesaikan dengan cepat dengan meng-update firmware.

Saya setelah mencoba semua di atas, tetapi tetap tidak bisa terhubung ke Internet.
Koneksi Internet Anda mungkin down atau router Anda tidak berkomunikasi ke Internet melalui Internet Service Provider Anda. Jika access point Anda terintegrasi dengan router, pastikan router tersebut benar-benar berfungsi dengan menghubungkan suatu PC ke salah satu port Ethernet yang ada. Jika Anda tidak dapat terhubung pada waktu menggunakan port tersebut, maka router Anda mungkin salah konfigurasi.

Pastikan router Anda dikonfigurasi sesuai rekomendasi ISP Anda. Periksa alamat IP dan konfigurasi PPPoE Anda. ISP Anda mungkin mengikat koneksi Anda ke satu MAC (media access control) address, tetapi ini jarang sekali. Jika Anda curiga ada yang tidak beres dengan ISP Anda, periksa dokumentasi access point Anda untuk mengetahui bagaimana meng-clone MAC address PC Anda ke router.

Jika itu tidak berhasil, cobalah untuk langsung menghubungkan PC Anda ke modem DSL atau kabel. Jika Anda dapat terhubung ke Internet, maka router Anda mungkin salah konfigurasi. Jika tidak, hubungi ISP Anda agar koneksi broadband Anda dapat berfungsi dengan baik.

Perketat sekuriti jaringan Anda…sekarang!
Buatlah jaringan wireless Anda seaman mungkin, atau Anda akan menanggung akibatnya. Namun, berita buruknya adalah tidak ada cara yang benar-benar melindungi jaringan wireless Anda dari penyusup. Hal itu tidaklah mungkin. Access point Anda secara kontinyu menyebarkan sinyalnya secara wireless, dan setiap orang yang berada dalam jangkauan dengan waktu dan keahlian yang cukup akan dapat membobol sekuriti apapun yang Anda gunakan. Biasanya, mereka akan menghisap bandwitdh Anda. Namun mereka juga akan mendapatkan akses ke setiap file yang Anda share pada PC. Ini berarti mereka dapat mengubah atau yang lebih buruk, menghapus data Anda.

Berita baiknya adalah dibutuhkan banyak usaha dan beberapa hardware dan software khusus untuk masuk ke dalam jaringan wireless. Di dalam situasi dunia nyata, bisa butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan data yang cukup untuk membobol satu key WEP. Untungnya, ada hal lain yang dapat Anda lakukan selain mengganti password AP. Access point sekarang ini sudah dilengkapi dengan tool yang Anda butuhkan untuk menjauhkan cracker.

Enable WEP atau WPA
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meng-enable WEP atau WPA pada access point. WEP atau WPA mengenkrip setiap transmisi yang melalui jaringan wireless, dari permintaan alamat IP sampai isi file yang Anda download melalui Kazaa. WEP adalah standar enkripsi awal untuk jaringan Wi-Fi. Wi-Fi yang lebih baru mendukung WPA, yang memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi, tetapi tidak didukung oleh semua hardware wireless. Pada tingkat minimum, Anda harus meng-enable kode WEP 128-bit untuk jaringan wireless Anda. Jangan terus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda akan melakukannya. Lakukanlah sekarang!

Meskipun begitu, meng-enable WEP tidaklah cukup untuk melindungi jaringan Anda. Anda perlu memastikan kode WEP tersebut cukup teracak. Karena kode WEP 128-bit sulit diingat, banyak orang menggunakan rangkaian yang sederhana agar mudah diingat. Ini merupakan hal yang buruk; kode WEP yang tidak acak sangat mudah untuk ditebak dan didekrip. Untuk membuat kode WEP yang benar-benar acak, Anda dapat menggunakan salah satu cara. Anda dapat mencampur huruf dan angka acak pada keyboard. Anda dapat melempar tiga dadu dan menggunakan nilai pada dadu sebagai kode. Atau Anda dapat menggunakan pembuat angka acak. Beberapa tersedia di www.download.com.

Buat Wireless Client Tidak Terakses dari Internet
Salah satu teknik utama yang digunakan penyusup untuk membobol enkripsi Wi-Fi adalah dengan mengirim sejumlah data yang sangat besar ke jarigan wireless, kemudian menggunakan traffic tersebut untuk mengintai WEP jaringan. Dengan mengirim jutaan ping ke komputer wireless, mereka bisa membuat traffic yang cukup untuk membobol beberapa WEP dalam waktu paling sedikit 18 jam.

Namun, jika mereka tidak dapat terhubung ke komputer wireless dari Internet, yang dapat mereka lakukan hanyalah mengintip traffic sehari-hari. Ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Pastikan PC wireless Anda mempunyai alamat IP privat yang tidak dapat diakses dari jaringan lain. IP privat biasanya dimulai dengan 192.168 atau 10.15.

Cegah Koneksi dari Komputer yang Tidak Diizinkan
Setiap card jaringan mempunyai pengenal yang unik di dalamnya. Nomor ini disebut MAC address. Kebanyakan access point memperbolehkan Anda membatasi koneksi ke komputer dengan menggunakan MAC address yang dikenal. Jika Anda secara manual memasukkan MAC address setiap komputer yang diperbolehkan untuk terhubung ke jaringan wireless, maka akan lebih sulit bagi seseorang untuk menyusup ke jaringan Anda.

Periksalah dokumen access point Anda untuk mengetahui bagaimana cara memasukkan MAC address. Anda bisa mendapatkan MAC address PC (disebut juga physical address) dari Network Connections Control Panel, klik kanan card jaringan Anda dan pilih Status. Kemudian buka tab Support dan klik Details. Entri Physical Address merupakan MAC address network card.

Ganti WEP atau WPA Secara Teratur
Memang menyusahkan, tetapi luangkanlah waktu untuk mengganti kode WEP atau WPA Anda satu atau dua kali sebulan. Dengan mengganti enkripsi secara teratur, Anda dapat mencegah seseorang mengumpulkan data yang cukup untuk merekayasa balik kode Anda.

Komentar»

1. aldy - 8 Januari 2008

kurang lengkap

minta cara hack wi fi dong g usah berbelit belt

orang - 11 Mei 2013

orang bodoh y kyk gini, mau pinter tp g modal

2. titin a - 27 Maret 2008

mau tanya nich soal wifi. kita kan kemarin pergi ke amplas tu, trus qt internetan pake hotspotnya amplas, trus ternyata kita gak bisa connect ke internetnya, tapi connect ke lan amplas. Saya pake laptop Toshiba satellite A135-S2386 windows Vista. Kira-kira tu masalah nya apa ya?
Masalahnya temen saya bisa berselancar dengan bebas tapi saya tidak. TApi dia menggunakan laptop Anote dg win XP,
Thanks ya sebelumnya

3. budhi - 26 April 2008

aq mau nanya soal wifi. koq wifi laptop anote q tidak bisa lancar hanya bisa situs its aja, padaha di laptop q ada tmpilan mana yang sinyal kuat gitu jadi apa masalahnya ?

4. Nainggolan - 5 Mei 2008

Halo salam kenal, isi blognya bagus. Thanks yah

5. hendri mardiansyah - 15 Oktober 2008

ku minta cara buka key hotspot itu aja jangan berbelit-belit donk.ksh tw aja caranya

orang - 11 Mei 2013

reset router loh tolol amat, ud nanya tp maksa

6. roy - 18 Oktober 2008

bos kalau lg pas wireless an gitu, udah keditec itu acces pointnya tapi kalau di clik connect terus ngehang nggak bisa di gerakkan sama sekali itu cursor dan ujungnya harus di matiin dari power.aku pakainya byon m31w.gitu terus.

7. frans - 22 November 2008

amit mas, aku mohon info tentang mengaktiflkan wi-fi laptop HP Compaq tipe nx 6120 ku dong, drivernya dah terdeteksi ( intel pro wireless / broadcomm ) ketika aku ada di area hotspot kampus gak bisa nangkap frekuensi manapun; karena untuk menghidupkan (turn-on) sakelar di laptop ku gak ada; aku dah coba tekan tombol fn+tombol wi-fi, tapi gak hidup juga……. jadi bingung, dah browser kemana2 jg belum ketemu. mohon jurus2 nya mas. terima kasih yah. saya tunggu infonya lho, e-mail ku: fransmustafa7@yahoo.com

8. next - 15 Desember 2008

mas mau nanya nih saya ada masalah tentang wireless saya..saya setting ada dua buah pc trus saya konekan keduanya pada mulanya ok trus tiba2 terjadi trouble..pada satu pc..sekrang dia udah konek ke wifi tapi tidak mau browsing..gimana cara menanganinya tu..emang ada..virus atau ada masalah di cardnya..atau ada penyusup masuk menyedot semua bandwidh..gimana peneyelesainya tu mas tolong ya mas

9. Wagimeeeeeeeeen. - 10 Januari 2009

Enyong njalok ajari dwnload vidio..
Cara ne keprie..
Cah2 ganeng..

10. ali - 24 Januari 2009

askum bro…begini sy punya wlan dan sy pasang sbg wajan bolic. pada saat ndetect pertamakali didapat bbrapa APs lalu bbrapa detik no APs active….lalu sy restart wlan dan ndetect lagi, bbrapa detik kmdian no APs lagi…kira2 masalahe apa? sy pake wlan tplink322. dan netstumbler sbgai pemantau jaringan.

11. gasi - 10 Februari 2009

mas aq mo tanya .
di sekolah ku ada hotspot tp diproteksi sama mac(cuma komp.tertentu)
tapi alhamdulillah aku dah bisa mbobol
nah skr masalahnya aku ketauan ma guruku
nah skr pas tak coba lagi udah gak bisa lagi
kira2 guruku tuh makek proteksi apalagi ya?
trus aku minta tolong cara ngehack nya dong…..
please….

12. hikmawan - 18 Februari 2009

mas saya awam bngt niy .. koneksi wireless sya minta wep key itu darimana ya sya pke telkom speedy..apa bikin sendiri,,bagaimana thnks

13. Prast Putra - 27 Februari 2009

trima kasih maz.. atas informasinya

14. supra_expres - 20 April 2009

mas mau tanya, gimana ya membuat jaringan internet selain makek modem hp, sedangkan di tempat saya tu belum ada kabel telepon,aku pengen buka brosur berinternet yang cepet.kalau makek modem hp lambat banget mbukanya.oh ya yang pastinya tidak banyak mengeluarin biaya.tolong balesssssssssssssssssssss yooooo

15. JT - 31 Juli 2009

Gan, ada yang tahu gak…Laptop temen gw dah konek ke jaringan Wifi-nya tapi ketika browser di buka koq gak bisa konek ke intrnet ya, kira2 apa yang salah ya Gan, thanks bwt jawabannya sebelunya

16. ady - 14 September 2009

aku mau nanya nihhh..
kenapa ya wifi laptop saya itu nga bisa hidup….
saya pke acer aspire
itu ada maslh di mnnya????

tlg krm ke ke email saya ya
shinchanmalu@yaho.co.id

17. yamani - 18 Oktober 2009

mau tanya nich soal wifi. kita kan kemarin pergi ke amplas tu, trus qt internetan pake hotspotnya amplas, trus ternyata kita gak bisa connect ke internetnya, tapi connect ke lan amplas. Saya pake laptop Toshiba satellite A135-S2386 windows Vista. Kira-kira tu masalah nya apa ya?
Masalahnya temen saya bisa berselancar dengan bebas tapi saya tidak. TApi dia menggunakan laptop Anote dg win XP,

Thanks ya sebelumnya

18. Ail - 11 Januari 2010

mas mau tanya donk.
AP saya TP Link WA601G sekarang gak bisa konek ke internet, awalnya semua oke saya pake IP statis terus konek ke modem speedy no problem tapi beberapa waktu lalu koneksi speedy saya down dan oleh orang telkom disuruh masukan dns server pada modem (sebelumnya DNS dynamic/blank/auto) sejak saat itulah AP saya gak bisa connect meski saya sudah coba masukan DNS ke AP juga.

kira-kira apa ya solusinya ?

19. hamdi - 12 November 2010

klo cara membuka WPA itu terseut gymna yaa?
apa ada software khusus??
tlong kasih solusi nya,,
trima kasih

20. dasilva - 7 Januari 2011

klo buat win.7 gmn??/

21. joseph - 7 Januari 2011

mas, saya sudah konek tapi buka mozila tidak bisa, IP addressnya 192.168.0.1 (apa biasa dengan angka?), kira2 masalahnya apa ya, saya pake acer 4520 Wireless Network Connection status OK, tap ga bisa berselancar tuh… mohon bantuannya thanks

22. Dimas M - 9 Januari 2011

mas mau share dan mohon bantuannya karena sangat rumit, mungkin mas tau solusinya.

saya pengguna PC dekstop windows xp profesional SP 3, saya ingin membuat hotspot menggunakan PC saya dengan alat WIFI USB ADAPTER TYPE TP-LINK WN422G, tetapi tidak connect wireless conection network saya,maka dari itu wireless conectionnya saja tidak connect jadi gmn mau nge share ya kan mas.. mohon bantuannya ya kalau tau solusinya

terima kasih, wassalam

Jus.Tomat - 16 Januari 2012

kontol

23. Cara Gampang Nyolong Koneksi Internet dengan Netcut | RAMBO EDAN!! - 28 Januari 2011

[...] Ada Masalah Dengan Wi-Fi anda??… « SIMKES UGM 2007 [...]

24. Shandy - 2 Maret 2011

mau tanya nich soal wifi. kita kan kemarin pergi ke amplas tu, trus qt internetan pake hotspotnya amplas, trus ternyata kita gak bisa connect ke internetnya, tapi connect ke lan amplas. Saya pake laptop Toshiba satellite A135-S2386 windows Vista. Kira-kira tu masalah nya apa ya?
Masalahnya temen saya bisa berselancar dengan bebas tapi saya tidak. TApi dia menggunakan laptop Anote dg win XP,
Thanks ya sebelumnya

25. edi gunawan - 25 Maret 2011

saya mau tanya nich….saya pke notebook hp mini,di kampus saya ada hotspot tapi knpa ya,,,notebook saya gak bisa detect jaringan wifi nya padahal tombol wifi nya nyala,apa saya harus install ulang notebook saya?
o ya saya pake OS win &,saat saya mash pke XP smua gak ada masalah.
tolong ya….

26. Pto - 12 September 2011

wifi dah konek ke server tpi gak bisa konek ke internet, pkai troubleshoot gak bisa jg……
solusi gmna????????????

27. Yudha - 19 September 2011

Saya jg punya masalah sama kaya org2 diatas nih. Intinya wifi udah connected tp waktu saya buka browser dia gak mau buka laman web blass. Uda coba cek semua setting. Ga ada yg salah.coba koneksi wifi pake hp nd laptop lain, mereka bisa brwosing. Cuma pas waktu cek support detil. Gak ada network accses buat ipv6 nya. Apa ngaruh tu ya? Tolong penjelasan sama solusi.

28. Etika Sari Ginting - 27 September 2011

sama nih, laptop sya jg ga bsa conect wifi ny wktu d usu, tp d bwa k toko ny d carefour lancar j tuh…
jaringan ny jg ga da muncul apa ny yg bermasalah???

29. Android Phone Store - 7 Oktober 2011

wah cara yg membatasi mac address perlu dicoba neh :D

30. Aris - 13 Desember 2011

Om,mhon bantuanx,laptop sy n43sl,sy sdh instal driver wirelessnya,tp ga pernh bs konek.knapa ya.mhon bntuanx.lwt email ja ya om.nanti ada penawaran saya jika bisa terselesaikan.trims.

Jus.Tomat - 16 Januari 2012

ngewe kudai……. kocok pepek

31. Neverblast "NeverEnding Creativity" - 20 Januari 2012

kadang waktu mau mengaktifkan wifi di kampus ku, aku mengalami masalah, “DNS might be unavilible …” bagaimana mengatasinya

32. Adi Putra - 3 Februari 2012

amit mas, aku mohon info tentang mengaktiflkan wi-fi laptop HP Compaq presario cq43, ketika aku ada di area hotspot di cafe gak bisa nangkap frekuensi manapun; karena untuk menghidupkan (turn-on) sakelar di laptop ku gak ada; aku dah coba tekan tombol fn+tombol wi-fi, tapi gak hidup juga……. jadi bingung, dah browser kemana2 jg belum ketemu. mohon jurus2 nya mas. terima kasih yah. saya tunggu infonya lho, e-mail ku: putramylucky@yahoo.co.id

Mar - 6 Februari 2012

itu masalahnya dilaptopnya mas, mas harus buka browsernya dulu, baru frekuensinya bisa terdeteksi.

33. damdash - 11 Februari 2012

mas kalo wifi sama tombolnya gak berfungsi gimana ???
mohon solusinya ….. laptop compaq presario cq43… terimakasih

34. herusularto - 16 Februari 2012

Kalo wifi yang nggak mau nyala itu gimana gan? sudah ane coba refresh wifinya tapi masih belum bisa.

35. ivan - 11 April 2012

mas, kalau sinyal wifi dari modem wifi TP-link TD-W8951ND ke perangkat bisa diterima tetapi tidak bisa connect ke speedy, sedangkan pc melalui kabel bisa connect. Kira-kira permasalahannya ada dimana dan bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih atas bantuannya…

36. Rohman - 15 Mei 2012

Mas saya udah coba tp tetep gk konek, kira-kira ada solusi lain gk ya saya notebook HP

37. david kusuma nababan - 3 Juni 2012

Mas,laptopku bisa internet pakai modem,tp kok akhir2
gk bisa internet pakai wifi?

38. points 2 shop - 6 Juni 2012

You are so interesting! I do not think I’ve truly read something like this before. So wonderful to discover somebody with a few genuine thoughts on this issue. Really.. thank you for starting this up. This site is one thing that is needed on the web, someone with a bit of originality!

39. yazid - 26 September 2012

bos, cara mengubah wifi connect using gimana, soal nya wifi saya maksimal speed 54 mbps dulu bisa sampe 150 mbps , gara gara otak atik temensaya bos, tolong bantuannya

40. Wifi Printers - 17 Desember 2012

Asking questions are really pleasant thing if you are not understanding anything entirely, however this paragraph offers pleasant understanding even.

41. arif - 5 Februari 2013

mas tolong jelaskan kenapa driver wifi saya ngk bisa aktif . laptop saya HP compaq nx6120 .. saya sudah pake wifi broadcom juga ngk bisa, apa lagi wifi intelnya malah ngk bisa tolong di jelaskan ya mas…
kirim saja di emileq mas..
sahrularifbudistiawan@yahoo.co.id.. nhe nama emile ku mas.

42. Gsmasha.Com - 5 Maret 2013

I am in fact grateful to the holder of this site who has shared this great paragraph at at
this time.

43. yusrin pratama - 2 April 2013

salamualaikum!!!
saya ada masalah? saya coba buat jaringan wify dgn memamfaatkan 2 buah komputer sinyal wifinya kuat tapi masalahnya adalah!!!!
1. jaringan nama di wifi saya adalah 22HOTSPOT tp no internet acces???
2. saya koneksikan jaringan saya ke laptop temen saya malah tambah gawat nm jaringan wifi saya gak kebaca malah yang tertulis UNIDENTIFIED NETWORK ” no internet acces”

saya mohom bantuanya!!!
terima kasih

44. hopesanddreamsstudio.Com - 23 April 2013

Why people still make use of to read news papers when in this technological world all is existing on net?

45. Branden - 25 Juli 2013

I like the valuable information you provide in your articles.
I’ll bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite certain I’ll learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!

46. dio - 14 Oktober 2013

Laptop saya Compaq Presario CQ43 dengan windows 7 Ultimate (32 bit) …. Bisa connect ke wifii tetapi selang berapa lama tiba2 terputus dengan sendirinya, lalu menyambung lagi ,, putus lagi ,,,,terus seperti itu,,, kejadian ini terjadi stelah saya instal ulang….
Ada Solusi???

47. shofi pramitasari - 29 Desember 2013

BB dan HP nokia saya tidak bisa terhubung ke wifi rumah. yg bisa terhubung hanya laptop dan tablet saja, itu pun harus di atur dulu. Apa mungkin wifi rumah saya ada pengaman tersendiri?
apa solusinya?

48. m rifan - 27 Februari 2014

nanya gan, laptop saya byon m31w s/s awalnya win xp wifi nya bisa setelah saya instal win 7 wifinya malah tak berfungsi mohon jawabanya?

49. Rizka Widd - 19 Maret 2014

laptop saya (Lenovo G480) sudah terhubung ke internet, tetapi kenapa icon internet access nya masih bertanda silang?? mohon solusinya..
TRIMS


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

