jump to navigation

Perbandingan Microsoft word (windows) dengan openOffice (Linux) 4 Oktober 2007

Posted by HARIS. N in Teknologi Informasi.
trackback

 

pesta-blogger.jpgPerbandingan Windows dan Linux (dua sistem operasi komputer) telah menjadi topik sebagai bahan diskusi diantara para pengguna. Windows merupakan sistem operasi yang banyak dikenal orang dan merupakan software legal (memiliki license), sedangkan Linux merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan secara bebas (tanpa license). Dua sistem operasi ini bersaing untuk penggunaan personal computer market sebagai server market, dan digunakan pada kantor pemerintahan, sekolah, kantor, rumah, intranet dan internet servers [1].
1.JPG
Standard Linux Solution vs. Microsoft Solution [2]
Perbedaan antara Windows dan Linux dari keuntungan yang bisa didapat pada:
Hardware dan infrastruktur yang telah digunakan sampai saat iniPembelian hardware dan infrastruktur baru

2.JPG

Bila dilihat dari table, didapatkan kesimpulan bahwa Microsoft memiliki keuntungan lebih banyak daripada Linux Standard. Dimana Microsoft mendapatkan keuntungan sebesar 36% sedangkan Linux sebesar 26%
Perbedaan antara Windows dan Linux dari keuntungan yang bisa didapat pada perbendiangan harga produk.

Bisa disimpulkan bahwa apabila kita menginginkan produk OpenOffice dari Linux, maka kita bisa mendapatkannya secara gratis. Sedangkan bila kita menginginkan produk Microsoft Office Standard, maka kita perlu mengeluarkan biaya sebesar $399,00.

Daftar Hardware, Software dan Biaya Operasional
3.JPG

4.JPG
Pada daftar hardware antara Windows dan Linux (standard), tidak ada perbedaan biaya. Sedangkan untuk software, Windows membutuhkan biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan Linux (standard).
Pada biaya operasional, Linux (standard), beberapa bagian diperlukan biaya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Windows. Diantaranya: Gaji staff, biaya konsultan.

Penggunaan Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer memiliki perbedaan, diantaranya [3]:
5.JPG

6.JPG

Kesimpulan [4]:
Hampir sebagian software Linux bisa konsumen dapatkan secara bebas di internet. Hal ini dilakukan karena kemampuan daya beli konsumen masih kurang. Bisa dilihat bahwa bila konsumen menginginkan software Windows, maka konsumen diharuskan membayar software yang dibutuhkan tersebut. Tetapi di sisi lain, konsumen lebih familiar menggunakan Windows daripada Linux. Alasan inilah mengapa Windows masih dapat mempertahankan pangsa pasar yang dimili.

Posted by: Haris. N
selengkapnya baca di: harisn73.wordpress.com

Komentar»

1. whiny hardiyati - 23 Oktober 2007

I’sorry but I don’t know

apa yang dimaksud dalam tabel

tolong besaran dikit

2. anak vb - 7 November 2007

ga ada gambar yang lebih kecil lagi?
aku ampe pake lup bwat liatin tabelnya

3. adu - 28 Desember 2007

kayanya apa yang dijelasin dalam tabel kurang jelas jadi perbandingannya juga masih masih meragukan

4. tugiyono - 11 Januari 2008

kepada Yth
Bapak Haris

Dengan Hormat

Perkenalkan saya Tugiyono mahasiswa indonusa esa unggul.
bapak saya lagi ambil tugas akhir untuk S1, saya minta tolong kepada bapak untuk artikel yang berkenaan tenatang perbandingan LINUX dengan Windows

terimakasih atas kerja samanya

Hormat kami

tugiyono

5. man - 19 Juni 2008

tolong pak, berikan perbandingan sistem operasi windows dan linux dari segi, desktop environment, accessibility dan usability, stability dan performance, security dan ability of gaming technology.

6. ada - 16 Juli 2008

rtyse5ygfg

7. ASSD - 16 Juli 2008

asdf wedf

8. asd - 16 Juli 2008

asdfwefr

9. ino - 11 Oktober 2008

dasar goblog yang buat blog ini

10. ^^ - 22 November 2008

wkowkowkowkow >,<

Berbagai mCam PenGhinaAn di Lontar Kan…

TP mank Tabel nyA kekEcilan…

11. arif ridwan - 23 Januari 2009

nama saya arif ridwan,saya slah satu mahasiswa dari perguruan tinggi swasta yang ada dijember, saya banyak sekali kelemahan di bidang jaringan komputer, saya mohon batuannya agar saya bisa lebih mengerti lagi dibidang ini, kalau ada tutorial atau informasi apapaun yang berhubungan dengan hal ini

12. Revan - 18 Februari 2009

met siang,

mnt tlg dong kirimin perbedaan antara micr.word dengan O.o writer

dalam pemakaianya cara pakainya.

thanx..

13. fadli - 6 Mei 2009

ass…
nama saya fadli,saya scol di smk komputer mutiara ilmu. saya di tugaskan oleh guru saya untuk mencari perbandingan linux vs windows. tolong beri tau saya perbandinganya. sebelumx tanks by……

14. eKA PottER - 3 Agustus 2009

met siang,
saya Eka, skul di SMUK St. Yoseph DIli, Timor Leste.
Sekarang kelas 2, mau menuju klas 3.

minta tolong dUNKZ!!!
saya disuruh cari judul Exhibition of Learning, saya milih Perbandingan Linux dengan Windows. Guru pembimbing saya udah setuju, cuman moderator kami yang masih bimbang. Dia minta pengalaman saya, truz liat kelebihan dan kekurangannya, permasalahannya apa, trus pemecahan masalhnya gimana?? Saya bingung mw jawab gimana, bantu Eka ya…Please,,,,

beritahu saya lewat email saya adja ya>>>
Thanx

15. olanuxer - 20 Oktober 2009

pelan-pelan linux akan sama dengan windows dalam hal apa saja!

16. yayan - 21 Desember 2009

Kayaknya windows akan dikebut oleh linux deh tidak lama lagi :)
Go opensource!

17. ^^ hikaRuu .. - 25 Januari 2010

saya hikaruu ..
saya di adda tugass darii guruu sayya .. di suruhh mencarii perbedaan Microsoftt office dgnn openn office ..
jadi bagaimanna perbandingann nyahh ..

endd gimanna c carra instalasii openn office ituu ..
tx ..

18. avatar - 10 Februari 2010

Dengan hormat biza gagh materix dtmbHkn sPy MrD bz lBh fHam denGan materi niE…….
“AFWAN KATSIRAN”!!!!

19. busha - 15 Februari 2010

ini halamn blog untuk nambah ilmu atau t4 untuk naru nampang narsis mending kayaknya yg punya blog buat halaman fotografer bukan untuk IT….. but pantas XXXXXXX paling atas pojok kiri tertulis SIMKES UGM berarti org kesehatan bukan org IT nah supaya mengena tema sama latar belakang Ilmu yg dimiliki mending bahas kesehatan saja om biar pas tdk usah open source atau open apalah mngkin nanti jadi open Roti bakar ha… ha…. ha ( saran ini tlg ambil positifnya Simpan yang negatif Oke )

20. internet marketing jitu - 4 Agustus 2010

yang saya tau, kalau udah terbiasa make microsoft office, pasti bakalan stres kalau disuruh make openoffice. ya itu pengalaman pribadi saya, soalnya ng ada yang ngajarin. tapi saya banyak belajar dari internet, banyak sekali tutorialnya.

21. mokamad saefullah smkn 1 cirebon - 29 September 2010

eh niat kagag ngasih informasi?????
TABEL NYA kurang kecil!!!!!!!!!


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

